Selasa, 08 Mei 2018 14:23 WITA

Gugatan Taufan Pawe Resmi Terdaftar di Mahkamah Agung

Editor: Mulyadi Abdillah
Gugatan Taufan Pawe Resmi Terdaftar di Mahkamah Agung
Taufan Pawe

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gugatan Taufan Pawe resmi teregistrasi di Mahkamah Agung (MA) dengan nomor 6 P/PAP/2018, pada Selasa (8/5/2018). 

Wali kota Parepare nonaktif itu menggugat KPU Parepare pasca didiskualifikasi sebagai kontestan Pilkada. 

Dikutip dari situs MA, gugatan yang diajukan Taufan Pawe masih dalam proses pemeriksaan. Sesuai tahapan Pilkada Serentak 2018, MA memeriksa dan memutus perkara paling lama 20 hari kerja sejak permohonan diterima.

Gugatan Taufan Pawe Resmi Terdaftar di Mahkamah Agung

Diberitakan, KPU Parepare mendiskualifikasi Taufan Pawe berdasarkan hasil konsultasi dengan KPU RI terkait Rekomendasi Panwaslu Parepare dalam dugaan pelanggaran administrasi pada Pembagian Rastra yang diduga dilakukan oleh petahana. 

”Dari hasil konsultasi, frasa 'dan' pada pasal 71 ayat (5) tidak bersifat kumulatif dan kebijakan dari 10 kg ke 15 kg adalah hal yang berbeda dengan pasal pengenaan penggunaan kewenangan dan program. Oleh karena itu, berdasarkan hasil konsultasi untuk melaksanakan pembatalan sesuai dengan rekomendasi sudah sesuai aturan," kata Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah pada Jumat (4/5/2018).

"Adapun frasa 'dan' pada pasal 21 ayat (5) bukan merupakan akumulasi pada ayat (2) dan ayat (3), Paslon nomor urut satu selaku petahana melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), petahana tersebut dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota,” tambahnya.