Rabu, 09 Mei 2018 14:54 WITA

Dianggap Berbeda dengan Pilkada Makassar, KPU Parepare: Putusan MA Final

Editor: Mulyadi Abdillah
Dianggap Berbeda dengan Pilkada Makassar, KPU Parepare: Putusan MA Final
Hasruddin Husain

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Dua petahana di Sulsel dicoret dari bursa calon Pilkada serentak 2018. Yakni M Ramdhan 'Danny' Pomanto (Makassar) dan Taufan Pawe (Parepare). 

Danny Pomanto dicoret oleh KPU Makassar berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) sedangkan Taufan Pawe berdasarkan rekomendasi Panwaslu Parepare. 
 
Keduanya kini menempuh upaya hukum ke (MA). Selain itu, Danny mengajukan permohonan ke Panwaslu Makassar. 

Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Parepare Hasruddin Husain beranggapan, apapun keputusan MA nantinya terhadap permohonan Taufan Pawe sudah bersifat final. Hal ini disebut berbeda dengan Pilkada Makassar.

“Keputusan KPU Makassar untuk kasus DIAMI isinya tidak memenuhi syarat, sementara di Parepare adalah diskualifikasi. Tidak ada ruang lagi setelah ada putusan MA,” ucap Hasruddin Husain, pada Rabu (9/5/2018). 

Dalam putusan KPU Parepare yang beredar disebutkan "Memberikan Sanksi PEMBATALAN sebagai calon walikota dan wakil walikota Parepare tahun 2018 kepada pasangan calon nomor urut 1 atas nama HM Taufan Pawe dan Pangerang Rahim". 

Sedangkan dalam putusan KPU Makassar yang beredar disebutkan, "Menyatakan Calon Walikota Mohammad Ramdhan Pomanto dengan calon Wakil Walikoya Indira Mulyasari Paramastuti Ilham sebagai pasangan calon walikota dan wakil walikota tidak memenuhi syarat pada Pilkada Makassar, berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor 250KI/TUN/PILKADA/2018, tanggal 23 April 2018".