Rabu, 16 Mei 2018 13:09 WITA

Nurdin Abdullah: Kejayaan Kakao di Luwu Harus Dikembalikan

Editor: Mulyadi Abdillah
Nurdin Abdullah: Kejayaan Kakao di Luwu Harus Dikembalikan
Foto: IST

RAKYATKU.COM, LUWU - Tokoh masyarakat Noling di Bua Ponrang, Kabupaten Luwu, Muhammad Nur dan puluhan masyarakat setempat meminta kepada Calon Gubernur Nomor Urut 3 Prof HM Nurdin Abdullah mengembalikan kejayaan kakao. 

"Dulu kakao di Noling menjadi andalan. Pedagang-pedagang besar datang ke sini. Ada juga pabrik kakao. Sekarang kakao didatangkan dari Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat," katanya dalam rilis yang diterima redaksi, pada Rabu (16/5/18).

Muhammad Nur meyakini bahwa, sekiranya Allah mentakdirkan untuk menjadi Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah mampu mencari jalan keluar agar Noling menjadi sentra produksi kakao lagi.

Bupati Bantaeng dua periode dengan segudang prestasi Prof HM Nurdin Abdullah menjelaskan Noling harus menjadi pusat produksi dan pengembangan kakao. 

"Banyak komoditi andalan kita yang hampir punah. Dulu kita bangga dengan udang. Jeruk malangke dan jeruk Selayar, sekarang sudah tidak lagi. Udang dan bandeng juga bukan menjadi kebanggaan. Di Noling kakao bukan lagi komoditi andalan. Itu semua harus dikembalikan menjadi produksi andalan," jelas Prof HM Nurdin Abdullah.

Menurut Prof HM Nurdin Abdullah, untuk mengembalikan kejayaan produk komoditi yang pernah menjadi sumber  pendapatan terbesar petani itu, harus dibangun lembaga penelitian. 

"Petani kita pernah jaya pada masanya. Kakao, udang dan produk pertanian lainnya adalah komoditi eksport. Kita kembalikan lagi kejayaan komoditi yang membuat petani Sulsel menjadi kaya raya," jelas Prof Nurdin Abdullah.