Rabu, 16 Mei 2018 15:22 WITA

Ini Syarat Jadi KPPS di Pilkada Jeneponto

Editor: Mulyadi Abdillah
Ini Syarat Jadi KPPS di Pilkada Jeneponto

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto membuka kesempatan kepada warga
yang berminat menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pilkada Wajo 2018.

Menurut Komisioner KPU Jeneponto Bidang SDM dan Samsuddin, syarat menjadi anggota  KPPS adalah tidak pernah menjadi anggota KPPS selama dua periode.

"Calon anggota KPPS yang bersangkutan harus menandatangani surat pernyataan bahwa tidak pernah menjadi pengurus KPPS selama dua periode," jelas Samsuddin dalam Rapat Koordinasi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Jeneponto, pada Rabu (16/5/2018).

Kemudian anggota calon KPPS tersebut harus mempunyai kemampuan dalam menyelenggarakan proses pemungutan suara. Samsuddin berharap kepada petugas PPS untuk selektif dalam merekrut petugas KPPS. 

"Saya yakin para petugas PPS mempunyai kemampuan dalam menyeleksi KPPS yang sementara berjalan," ucapnya.

Syarat lainnya, kata Samsuddin adalah minimal memiliki ijazah SMA atau sederajat. "Pembentukan KPPS ini melihat kemampuan personal. Jadi, harus kita menyamakan persepsi berdasarkan regulasi yang ada yaitu petugas KPPS berjumlah 7 orang dan linmas 2  orang," jelasnya.

Salah satu tugas petugas KPPS itu,  membentuk petugas ketertiban KPPS yang bertugas menjaga pemungutan suara yang akan dilaksanakan yaitu Satpol PP. Kemudian petugas KPPS selalu berkoordinasi dengan lurah atau desa serta petugas PPS.

"Jadi para Petugas PPS diharapkan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam membentuk KPPS yang  sementara berjalan ini," jelasnya.