Rabu, 16 Mei 2018 19:01 WITA

Usai Rapat dengan Komisioner KPU Makassar, Ini Saran Ketua KPU Sulsel

Editor: Mulyadi Abdillah
Usai Rapat dengan Komisioner KPU Makassar, Ini Saran Ketua KPU Sulsel
Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief akhirnya angkat bicara usai melakukan rapat tertutup dengan sejumlah Komisioner KPU Makassar, di kantornya, Jalan AP Pettarani, pada Rabu (16/5/2018). 

Rapat tersebut berlangsung sekitar 4 jam, untuk menyikapi perintah Panwaslu Makassar yang memerintahkan KPU Makassar untuk menerbitkan surat keputusan baru untuk menetapkan pasangan DIAmi sebagai kandidat Pilwalkot Makassar 2018.

"Secara normal KPU Makassar tentu menjalankan putusan itu (panwas). Banyak pandangan yang telah saya sampaikan ke KPU Makassar, intinya ikuti regulasi yang ada, jangan abaikan aturan dengan melihat perjalanan sengketa yang terjadi di Pilkada Makassar," terang Iqbal Latief saat ditemui di kantornya, usai melakukan rapat tertutup dengan KPU Makassar, pada Rabu (16/5/2018)

Menurutnya, KPU itu tidak berdiri sendiri sebagai penyelenggara pemilu. Ada beberapa lembaga terkait yang juga punya kewenangan, termasuk kewenangan Bawaslu sehingga setiap kebijakan tersebut berlaku secara kolektif.

"Kami telah duduk bersama mengkaji masalah ini. Yang pasti kami telah mengingatkan KPU untuk berjalan di atas aturan penyelengara pemilu, soal apakah aturan ini normal atau tidak? saya no comment," ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Makassar, Rahmah Sayyed mengaku, akan melakukan rapat pleno. Hanya saja, belum dipastikan jadwal dan tempatnya. 

"Ada dua komisioner kami tunggu datang dari Jakarta. Mereka yang pergi konsultasi di KPU RI, salah satunya divisi bagian hukum kami. Soal jadwal pleno tidak lewat hari ini lah," tegas Komisioner KPU Makassar, Rahma Saiyed, usai rapat di kantor KPU Sulsel.