Jumat, 18 Mei 2018 17:12 WITA

Begini Spesifikasi Surat Suara Pilkada Sulsel 2018

Editor: Aswad Syam
Begini Spesifikasi Surat Suara Pilkada Sulsel 2018
Specimen surat suara pilkada serentak 2018.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Surat suara yang akan dicetak untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, bakal memiliki spesifikasi yang seragam, termasuk untuk pemilihan di Sulsel. Spesifikasi tersebut, sesuai dengan PKPU No 9 Tahun 2017. 

Kepala sub bagian teknis KPU Sulsel Muh Asri pun menunjukkan spesifikasi surat suara keseragaman yang akan dicetak serentak. Di mana spesifikasi tersebut kata dia dicetak dalam bentuk modul. Di situ terlihat, bahwa kolom pasangan calon (paslon) lebarnya hanya 8 centimeter saja dengan tinggi 6 centimeter. 

"Masing-masing orang 4 centimeter. Keduanya berdempetan, dengan kemiringan badan 15 - 20 derajat mengarah ke tengah. Sementara wajah, menempati ruang 25 - 30 persen di kota yang wilayahnya 4 × 6 centimeter," tuturnya, Jumat (18/5/2018).

Dengan komposisi seperti itu, maka kata Asri, dipastikan akan sulit bagi paslon untuk menampilkan simbol tangan yang identik dengan mereka. Sekalipun, kata Muh Asri, mengenai simbol tangan tersebut tidak ada aturannya dalam PKPU. 

Muh Asri menjelaskan, dalam modul tersebut, foto masing-masing kandidat akan berlatar belakang warna merah dan putih, bendera Indonesia. Lalu sedikitnya, ada ruang yang diberikan untuk menunjukkan latar belakang tersebut. 

"Dengan ketetapan-ketetapan itu, kemungkinan KPU bisa saja yang melakukan pemotretan langsung dengan menunjuk satu studio. Supaya, seragam hasilnya," katanya.

Selanjutnya, untuk ukuran surat suara akan mengikuti jumlah paslon dalam sebuah Pilkada. Misalnya, Pilkada yang memiliki 2 paslon (dan kolom kosong) memiliki surat suara ukuran 23 centimeter × 18 centimeter. 4 paslon 23 centimeter × 27 centimeter. Lalu, untuk 4 paslon ukurannya 23 centimeter × 36 centimeter. 

Keseragaman ini, menurut Muh Asri, sudah disampaikan ke semua KPU Kabupaten/kota di Sulsel yang menggelar Pilkada.

"Karena mereka akan mencetak sesuai dengan pemenang tendernya masing-masing," tutupnya.