Minggu, 20 Mei 2018 23:23 WITA

Mappinawang: Lembaga Survei Jangan Untungkan Satu Kandidat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mappinawang: Lembaga Survei Jangan Untungkan Satu Kandidat
Mappinawang. Foto/Rizal

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Praktisi hukum kepemiluan, Mappinawang angkat bicara terkait kiprah sejumlah lembaga survei yang berpartisipasi dalam ajang Pilkada Serentak 2018.

Menurutnya, sebuah lembaga survei untuk Pilkada, sebelum merilis hasil surveinya punya rambu-rambu tersendiri.

"Metodelogi yang digunakan harus benar-benar komprehensif supaya tidak menunjukkan kecenderungan kepada kandidat tertentu. Jangan langsung memaparkan hasil, tapi paparkan metodelogi dulu, sebab bisa saja mengangkat sisi-sisi yang menguntungkan satu kandidat," ujar Mappinawang saat ditemui Rakyatku.com, Minggu (20/5/2018) malam.

Menurut Mappinawang, sebuah lembaga survei harus menjaga objektifitasnya mulai dari tahapan pengumpulan data sampai pada saat mem-publish hasil temuan surveinya.

"Lembaga survei kita inginkan agar bisa berlaku objektif dalam melakukan survei. Apalagi sampai saat ini sudah banyak lembaga survei yang mengumumkan hasil surveinya," tandas mantan Ketua KPU Sulsel ini.

Pengaruh sebuah lembaga survei, menurut Mappinawang, sangatlah vital dalam membentuk opini ditengah-tengah masyarakat.

"Lembaga survei mampu membuat opini kepada masyarakat atau pemilih yang ada di Sulsel, makanya harus benar-benar komprehensif supaya tidak menunjukkan kecenderungan kepada kandidat tertentu," tutupnya.