Senin, 28 Mei 2018 09:45 WITA

Hasil Survei Parepare Mengejutkan, Mayoritas Responden Pilih Paslon yang Kurang Jujur?

Editor: Abu Asyraf
Hasil Survei Parepare Mengejutkan, Mayoritas Responden Pilih Paslon yang Kurang Jujur?
Pasangan Faisal Andi Sapada dan Asriady Samad disebut lebih jujur dari rivalnya versi CRC.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Survei Pilwalkot Parepare yang dilaksanakan Celebes Research Center (CRC) mengungkap sejumlah fakta menarik. Survei yang digelar April lalu itu dan dirilis Minggu (26/5/2018), menempatkan Faisal Andi Sapada sebagai figur yang dinilai paling bersih dari korupsi.

Di antara bagian penilaian terhadap calon memunculkan enam poin sikap, yakni jujur, mampu memimpin, bersih dari korupsi, perhatian pada rakyat, pintar/berwawasan luas, dan pintar dalam berpidato.

Faisal dinilai responden paling bersih dari korupsi dengan meraih 35,0 persen. Unggul cukup jauh dari Taufan Pawe yang hanya memperoleh 24,7 persen. 

Sebaliknya, pada item penilaian "jujur", Taufan Pawe menjadi kandidat yang dianggap paling tidak jujur dibanding kandidat lainnya. Ada 2,4 persen responden yang menilai TP tidak jujur. Berbanding terbalik dengan FAS yang hanya dinilai tak jujur oleh 0,6 persen responden.

Meski demikian, hasil survei CRC lainnya menunjukkan tingkat elektabilitas atau keterpilihan pasangan calon wali kota-wakil wali kota Parepare nomor urut 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TPPR) berada di angka 68,3 persen. Unggul dibanding Paslon nomor urut 2, Faisal A Sapada-Asriady Samad (FAS) yang berada di angka 25,0 persen.

Direktur Riset CRC, Andi Wahyudin mengatakan, keunggulan TP berdasarkan hasil survei terpotret di semua kecamatan yang ada di Parepare. Untuk kelurahan, TP mendominasi di 21 kelurahan dari 22 kelurahan di Parepare.

Survei ini melibatkan 1.000 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error atau toleransi kesalahan +/- 3,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel, kata Wahyudi, berasal dari empat kecamatan di Parepare yang terdistribusi secara proporsional.

Ketua tim pemenangan Faisal-Asriady, Yasser Latief mengucapkan terima kasih atas rilis survei tersebut yang memperlihatkan FAS paling bersih dan paling jujur dibanding rivalnya.

"Ini bukti jika masyarakat Parepare memang sudah cerdas menilai calon pemimpin yang bersih dan jujur," kata ketua Pengembang Indonesia (PI) Sulsel ini.

Meski demikian Yasser menilai bahwa rilis survei itu hal biasa pada masa-masa pemilihan pemimpin. Bahkan pihaknya pun punya hasil survei sendiri, tetapi bukan untuk dipublikasikan.

Menurutnya, Tim FAS terus bekerja dan tidak terlena dengan hasil survei, meski sudah ada pedoman yang dipegang tim yang mengunggulkan FAS. Hasil akhir yang menentukan, tetapi yang menginginkan penatakelola pemerintahan lebih baik dan memanusiakan, semuanya ada bersama FAS.

"Silakan saja kalau mau merilis survei, itu haknya. Yang jelas, kami punya data dan strategi sendiri," pungkasnya.