Senin, 28 Mei 2018 23:36 WITA

Katanya Debat Disiarkan TVRI, Warga Luwu Buka Kanal, yang Muncul Pria Mirip Kim Jong-un

Penulis: Hamka Tadda
Editor: Aswad Syam
Katanya Debat Disiarkan TVRI, Warga Luwu Buka Kanal, yang Muncul Pria Mirip Kim Jong-un
Layar TVRI yang disaksikan warga Luwu, saat debat Pilkada Luwu berlangsung di Makassar.

RAKYATKU.COM, LUWU - Penyelenggaraan debat publik kedua pilkada Luwu, yang diselenggarakan di Kota Makassar, Senin (28/5/2018) malam, kembali menuai kekecewaan dari masyarakat Luwu.

Saat pihak KPU Luwu menyebut debat disiarkan langsung TVRI, warga kemudian membuka kanal tersebut. Bukan debat pilkada Luwu yang mencul, melainkan wajah yang mirip Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di Singapura.

Padahal, warga Luwu sangat ingin menyaksikan jagoannya beradu argumen dalam debat publik yang mengangkat tema "Peningkatan Mutu Pendidikan, Kesehatan, dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan". Sayang, debat itu tidak bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Luwu.

Salah seorang warga Desa To'bia, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu, Ali Akbar saat ditemui rakyatku.com, mengungkapkan kekecewaannya.

"Bagaimana kita bisa menetukan pilihan, jika debat kandidat yang seharusnya menyajikan visi misi dari kandidat itu, kita sendiri tidak bisa saksikan," sesal pria yang akrab disapa Bang Ali ini.

Sementara, Ketua KPU Luwu, Abdul Thoyyib beberapa waktu lalu, pada beberapa media menyebutkan, jika penyelenggaraan debat kedua di Kota Makassar agar seluruh masyarakat Luwu bisa menyaksikan kegiatan tersebut.

"Semoga dengan menggunakan fasilitas dan kerjasama dengan TVRI sebagai televisi nasional, seluruh acara debat dapat disaksikan seluruh masyarakat di Sulsel utamanya warga Kabupaten Luwu," ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, jika siaran debat kedua pilkada Luwu hanya bisa disaksikan di wilayah Kecamatan Belopa serta via Streaming melalui website resmi TVRI Makassar.

Sekadar diketahui, pilkada Luwu akan diikuti oleh dua pasangan calon yakni Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BM-SBJ) dan Patahudding-Emmy Tallesang (Pata-Emmy).