Selasa, 05 Juni 2018 15:59 WITA

JSI Sebut Pasangan Sehati Unggul di Pilkada Sinjai, Tapi...

Editor: Mulyadi Abdillah
JSI Sebut Pasangan Sehati Unggul di Pilkada Sinjai, Tapi...
Andi Seto Gadhista Asapa-A. Kartini Ottong.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertarungan tiga kontestan di Pilkada Sinjai 2018 masih berlangsung sengit. Kurang lebih sebulan jelang pencoblosan, elektabilitas kandidat terpaut cukup tipis.

Menurut Konsultan Politik Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy, semua kontestan Pilkada Sinjai masih memiliki peluang yang sama besar untuk memenangkan pertarungan.

"Semua kontestan masih punya peluang yang sama memenangkan kontestasi di Pilkada Sinjai. Masing-masing paslon memiliki sumber daya pemenangan yang mumpuni. Strategi yang dijalankan oleh masing-masing paslon bersama tim beberapa minggu ke depan akan sangat menentukan hasil di Pilkada Sinjai," tuturnya saat dikonfirmasi Rakyatku.com, pada Selasa (5/6/2018).

Pilkada Sinjai diikuti calon incumbent, Sabirin Yahya (SBY) yang berduet Andi Mahyanto Massarappi. SBY mendapat penantang berat, yakni Andi Seto Gadhista Asapa dan Takyuddin Masse. Seto adalah putra dari mantan bupati Sinjai dua periode A Rudiyanto Asapa sedangkan Takyuddin adalah kakak dari Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse.

Menurut Sandy, sejauh ini memang pasangan Andi Seto Gadhista Asapa-A. Kartini Ottong (SEHATI) disebut-sebut lebih unggul saat ini. Hanya saja, keunggulan pasangan calon nomor urut satu tersebut belum masuk dalam kategori aman.

"SEHATI lebih unggul dibanding dua paslon lainnya tetapi selisihnya belum kategori aman," katanya.

Di tengah ketatnya persaingan tersebut, menurut Sandy, setiap paslon di Pilkada Sinjai harus lebih jeli dalam melihat dan memanfaatkan peluang yang ada jika ingin memenangkan kontestasi tersebut.

"Mereka mesti merebut dukungan dari swings voter yang tersisa, memaksimalkan partisipasi dibasis pemilih. Soft supporters rival yang masih bisa beralih dukungan juga mesti menjadi perhatian jika ingin memenangkan pertarungan," tutupnya.

Seperti diketahui, Pilkada Sinjai 2018 akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Ketiga paslon tersebut masing-masing Andi Seto Gadhista Asapa-A. Kartini Ottong (SEHATI), Sabirin Yahya-Andi Mahyanto Massarappi (SBY-AMM), serta duet Takyuddin Masse-Mizar Roem (TAKBIR).