Selasa, 05 Juni 2018 17:36 WITA

PILKADA PINRANG

Elektabilitas Latif-Usman dan Iwan-Alimin Bersaing Ketat, Ini Selisihnya Versi JSI

Editor: Mulyadi Abdillah
Elektabilitas Latif-Usman dan Iwan-Alimin Bersaing Ketat, Ini Selisihnya Versi JSI
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dua kandidat Pilkada Pinrang punya kans besar untuk menang. Bukan berarti tidak bisa menang, namun dua pasang calon lainnya diprediksi harus lebih ekstra bekerja agar bisa unggul di ujung pertarungan, 27 Juni mendatang.

Pasangan nomor urut 1 Abdul Latif-Usman Marham dan nomor urut 2 Andi Irwan Hamid-Alimin direkam oleh lembaga Jaringan Suara Indonesia (JSI) saat ini bersaing ketat.

"Selisihnya persentasenya di bawah 10 persen antara peraih elektabilitas pertama dan kedua," ungkap Supervisor JSI, Nursandy, saat dikonfirmasi Rakyatku.com, pada Selasa (5/6/2018).

Hanya memang, Sandy, panggilan akrabnya, masih merahasiakan angka pasti temuan survei JSI. 

Kendati demikian, bukan berarti pasangan nomor urut 3 Jamaluddin Jafar Jerre-Andi Sofyan Nawir dan nomor urut 4 Hamka Mahmud-Ahsan Wahid, tidak dapat menyalip.

Sebab, berdasarkan temuan survei JSI, dua pasang calon tersebut masih berada dalam jarak selisih yang tidak terpaut jauh, yakni di kisaran 10 persen. 

Dijelaskan Sandy, keberadaan tokoh-tokoh di belakang kedua paslon (nomor urut 1 dan 2) tersebut membuat raihan dukungan jauh lebih besar dibanding paslon lainnya.

"Akseptabilitas Latif-Usman dan Iwan-Alimin bagi tokoh-tokoh di Pinrang cukup tinggi," ujarnya.

Seperti diketahui, Abdul Latif merupakan mantan Sekretaris Provinsi Sulsel di era Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL). Bahkan, SYL sempat hadir mengampanyekan pasangan berjuluk Bersalam tersebut. Sementara wakilnya, Usman merupakan adik kandung dari Menteri Sosial, Usman Marham. 

Berbeda dengan Bersalam, pasangan Iwan-Alimin justru disokong oleh tokoh lokal. Diketahui, Iwan merupakan ipar dari Bupati Pinrang, Andi Aslam Patonangi. Begitu pun Alimin, yang sebelumnya menjabat selaku Kepala Dinas, sebelum 'diizinkan' oleh Aslam.