Selasa, 05 Juni 2018 23:29 WITA

Perantau di Sulbar Pulang Kampung Menangkan Bersalam

Editor: Fathul Khair Akmal
Perantau di Sulbar Pulang Kampung Menangkan Bersalam

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Salah satu perantau di Sulbar, Juhenis meyakini, pasangan calon bupati dan wakil bupati Pinrang, Abdul Latif-Usman Marham (Bersalam) akan mendapatkan mandat dari masyarakat Pinrang. Hal itu dikatakan Enis berdasarkan visi dan misi Bersalam yang berpihak kepada rakyat, khususnya di bidang kesehatan.

"Khususnya di bidang kesehatan, Bersalam telah memprogramkannya, dan kelak jika terpilih (Bersalam), masyarakat Pinrang tidak akan membayar iuran BPJS lagi karena akan ditanggung oleh pemkab setiap bulan. Itukan salah satu kebutuhan dasar (kesehatan) masyarakat," katanya.

Selain itu, Enis yang saat ini menetap di Sulawesi Barat (Sulbar) telah menginvetarisasi masyarakat Pinrang yang ada di Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu (Mamuju Utara), yang siap pulang kampung saat hari raya Idul Fitri agar menyampaikan ke sanak keluarga di 
Pinrang untuk memikih Berslam.

"Kami dan teman-teman telah sepakat, Insyaallah saat pulang lebaran  akan menyampaikan ke sanak keluarga untuk memilih Bersalam khususnya masyarakat dari Mamuju, Mamuju Tengahbdan Pasangkayu. Selain itu, Abdullah Rasyid juga mendukung Bersalam, dimana Abdullah Rasyid merupakan Bupati Pertama di Pasangkayu, sehingga sebahagian besar masyarakat Piinrang di Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu selalu mengikuti arah dukungan beliau (Abdullah Rasyid) di Pilkada Pinrang disebabkan hubungan emosional beliau dengan sebahagian masyarakat Pinrang di Perantauan khususnya di tiga kabipaten di Sulbar itu," jelas Enis.

Hal senada juga disampaikan Srimal, menurutnya, beberapa waktu lalu sebelum bulan Ramadan saat dirinya ke Pinrang. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan salah seorang anggota DPRD Pinrang Arisansyah yang juga merupakan tim pemenangan Bersalam. Nantinya pulang lebaran bersama perantau lainnya dari Sulbar khususnya dari Pasangkayu sekaligus menyosialisasikan paslon Bersalam.

"Sebelum Ramadhan, saya sudah oordinasi dengan Arisansyah dan menyampaikan kalau kami masyarakat Pinrang yang menetap di Sulbar khususnya Pasangkayu akan pulkam lebaran sekaligus akan menyampaikan ke keluarga untuk menangkan pasangan Bersalam di Pilkada Pinrang,"
ujar Srimal.

Begitupun Kassa juga berencana pulkam untuk memenangkan pasangan Bersalam dimana Kassa saat ini sebagai kepala dusun (Kadus) Salubulu, Kelurahaan Pasangkayu dan sudah menetap di Pasangkayu selama 22 tahun.

"Keluarga saya itu tersebar di berbagai tempat di Pinrang. Adapun saya lahir dan besar di Kanni bertetangga kampung dengan Usman Marham. Jadi apapun alasannya, Insya Allah saya akan sampaikan kepada keluarga besar saya untuk memilih pasangan Bersalam," ungkapnya.

Lanjut Kassa, dalam membangun suatu daerah tidak hanya mengandalkan dana APBD, tetapi harus bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat. Sementara diketahui bersama kalau paslon Bersalam ini tidak diragukan lagi akses ke provinsi dan pusat.

"Pak Abd Latif kan mantan pejabat provinsi, olehnya itu untuk lobi anggaran provinsi seketika beliau (Abd Latif) terpilih tidak sulit. Begitupun ke pusat, Pak Usman Marham saudara kandung dengan Mensos (Menteri Sosial) Pak Idrus Marham. Jadi pasangan Bersalam ini memang komplit jika nantinya terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Pinrang, Insya Allah," pungkas Kassa.