Jumat, 08 Juni 2018 16:38 WITA

LSI: Keunggulan IYL-Cakka Modal Menangi Pilgub Sulsel

Editor: Mulyadi Abdillah
LSI: Keunggulan IYL-Cakka Modal Menangi Pilgub Sulsel
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hasil riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network yang menempatkan pasangan usungan koalisi rakyat, Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di posisi pertama dengan elektabilitas 28,6 persen dinilai adalah modal memenangkan Pilgub. 

Peneliti LSI, Fitri Hari menilai, dengan tingkat elektabilitas yang mencapai 28,6 persen, maka itu adalah untuk memenangkan Pilgub, meski memang pasangan ini tak boleh terlena, karena persaingan tergolong ketat.

"Elektabilitas masing-masing kandidat, sekaligus fakta jika masyarakat sudah menentukan pilihan. Dan itu adalah modal untuk menggapai kemenangan," tuturnya.

Fitri mengungkapkan, ada 4 faktor menjadi alasan sehingga publik menginginkan IYL-Cakka menjadi pemimpin pelanjut SYL di Sulsel.

4 alasan itu, pertama tingkat popularitas IYL tinggi dibandingkan calon lain. Hal ini sesuai, figur terpopuler.

Kedua, berdasarkan pertanyaan LSI di lapangan. Hasilnya, isu dinasti politik tak mempengaruhi pemilih. Dan yang ketiga, ketika ditanya mana 4 kandidat pantas gantikan SYL? Jawabannya, IYL paling tinggi.

Keempat hasil data LSI, IYL-Cakka punya basis ril di dua Kabupaten yaitu Gowa dan Luwu. Apalagi punya pengalaman bidang pemerintahan.