Sabtu, 09 Juni 2018 15:50 WITA

Mengejutkan, Ini Hasil Survei Agus-TBL Versi Tiga Roda

Editor: Aswad Syam
Mengejutkan, Ini Hasil Survei Agus-TBL Versi Tiga Roda
Agus-Tanribali saat mendaftar di KPU Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga survei Tiga Roda Konsultan, merilis hasil surveinya jelang Pilgub Sulsel 2018.

Untuk pertama kalinya, dari beberapa lembaga survei yang telah merilis hasil surveinya, baru kali ini ada lembaga survei yang menempatkan pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) dengan raihan angka elektabilitas yang cukup tinggi, yakni 15,9 persen.

Sebelumnya, lembaga survei seperti LSI, JSI, SSI, Index Indonesia hanya merekam, elektabilitas Agus-TBL tak lebih dari 10 persen. Agus-TBL dianggap sebagai kandidat yang cukup sulit memenangi pertarungan politik ke depan.

Hasil riset Tiga Roda Konsultan, membuat tim Agus-TBL mendapat tudingan miring. Banyak yang mengira, Tiga Roda Konsultan merupakan 'tim' dari Agus-TBL.

Juru Bicara Agus-TBL, Andy Arief Bulu akhirnya angkat bicara. Ia dengan tegas membantah kabar burung yang telanjur beredar akhir-akhir ini.

"Itu bukan lembaga survei dari kami. Tim tidak terlalu memperhatikan hasil survei, dan terus berjalan dan begerilya," kata Andre, lewat keterangan tertulisnya, yang diterima Rakyatku.com, Sabtu (9/6/2018).

Kendati demikian, ia pun mengapresiasi hasil dari Tiga Roda Konsultan. Menurutnya, dengan perolehan elektabilitas  sebesar 15,9 persen untuk Agus-TBL, disebut sebagai bantahan atas hasil survei yang telah dirilis sebelumnya oleh lembaga lain.

"Kalau kita lihat hasilnya sangat tipis antara Bapak (Agus), NH dan NA. Ini membuktikan jika hasil survei yang dirilis oleh beberapa lembaga sebelumnya dengan memperlihatkan angka untuk Pak Agus di bawah 10 persen itu terbantahkan," tegas politikus Gerindra tersebut.

Dalam survei Tiga Roda Konsultan, pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar meraup eleltabilitas sebesar 27,5 persen, disusul pasangan Nurdin Halid Aziz Qahhar Mudzakkar dengan angka 17,8 persen. Di posisi ketiga diraih oleh pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman dengan perolehan 16,9 persen. Dalam temuan Tiga Roda Konsultan, masih ada 3,4 persen yang merahasiakan pilihannya dan 18,4 persen yang tidak menjawab.