Rabu, 13 Juni 2018 12:01 WITA

Besok, KPU Sulsel Target Distribusi Logistik Pilgub Sulsel Rampung

Editor: Nur Hidayat Said
Besok, KPU Sulsel Target Distribusi Logistik Pilgub Sulsel Rampung

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan proses distribusi logistik pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 rampung pada Kamis (14/6/2018) besok.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi kepada Rakyatku.com.

"Kita target rampungnya itu pada tanggal 14 Juni. Semua kebutuhan logistik untuk Pilgub Sulsel 2018 di TPS itu harus terpenuhi," katanya, beberapa waktu lalu.

Menurut Syarifuddin, khusus surat suara, akan kembali disortir di KPU kabupaten/kota jika proses distribusi sudah rampung semuanya.

"Semuanya akan disortir di KPU kabupaten/kota sebelum disalurkan ke TPS masing-masing," jelas Akademisi UIN Alauddin tersebut.

Adapun teknis distribusi logistik secara umum, menurut Syarifuddin, ada dua opsi yang disiapkan oleh KPU, yaitu melalui transportasi darat dan udara.

"Ada dua teknis yang akan ditempuh oleh KPU, yaitu lewat darat dan udara. Kalau lewat daratnya sulit, maka distribusi logistiknya nanti lewat udara. Kita akan menyewa helikopter atau pesawat kargo," tutupnya.

Sekadar diketahui, tahapan pendistribusian logistik Pilgub Sulsel resmi dimulai sejak Jumat (8/6/2018) lalu. 

Khusus surat suara yang didistribusikan sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yakni sebanyak 6.180.129 lembar ditambah 2,5 persen cadangan untuk setiap TPS. Proses distribusi ke 24 kabupaten/kota se Sulsel tersebut dikawal ketat oleh aparat kepolisian.