Kamis, 14 Juni 2018 13:22 WITA

KPU Tetapkan 10 Lembaga Survei Ini Resmi Lakukan Quick Count Pilgub Sulsel

Editor: Nur Hidayat Said
KPU Tetapkan 10 Lembaga Survei Ini Resmi Lakukan Quick Count Pilgub Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan telah menetapkan 10 lembaga survei yang akan menjadi mitra KPU dalam melakukan hitung cepat (quick count) dan exit poll dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018.

Penentuan 10 lembaga survei tersebut berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilakukan sehingga mendapatkan akreditasi langsung dari KPU. Adapun pendaftaran untuk lembaga penghitung cepat ini sendiri sudah ditutup sejak 31 Mei lalu.

Komisioner Divisi Umum, Organisasi, dan Rumah Tangga KPU Sulsel, M Asram Jaya, menjelaskan ke-10 lembaga survei tersebut mendapatkan akreditasi setelah memenuhi syarat-syarat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Seperti misalnya, melampirkan informasi lembaga sampai pernyataan bahwa tidak berafiliasi dengan partai politik atau pasangan calon," tuturnya, Minggu (10/6/2018).

Dari 10 lembaga survei tersebut, menurut Mantan Ketua FIK Ornop Sulsel ini, dua diantaranya akan melakukan exit poll usai pencoblosan nantinya.

"Kalau lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Populi Center, keduanya itu akan melakukan exit poll usai pencoblosan," ujarnya.

Dalam melakukan quick count nantinya, menurut Asram, para lembaga survei tersebut ada yang berafiliasi dengan stasiun televisi nasional untuk menayangkan hasil quick count-nya.

"Mereka yang akan melakukan hitung cepat ini ada yang berafiliasi dengan televisi swasta yang berjaring nasional," tutupnya.

Berikut ini 10 lembaga survei yang resmi akan melakukan quick count dan exit poll Pilgub Sulsel 2018:

1. Cyrus Nusantara
2. Indo Barometer
3. PT Celebes Research Center (CRC)
4. Pandawa Research
5. Populi Center
6. Citra Publik Indonesia-Lingkaran Survei Indonesia (CPI-LSI Network)
7. Indikator Politik Indonesia
8. Jaringan Survei Indonesia (JSI)
9. Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC)
10. Indeks Politica Indonesia (IPI)