Senin, 11 Juni 2018 20:52 WITA

Bersalam Komitmen Perbaiki Saluran Irigasi untuk Peningkatan Hasil Pertanian

Editor: Aswad Syam
Bersalam Komitmen Perbaiki Saluran Irigasi untuk Peningkatan Hasil Pertanian
Pasangan Abdul Latif dengan Usman Marham, saat memaparkan visi misi di debat publik kedua.

RAKYATKU.COM, PINRANG -- Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pinrang nomor urut satu, Abdul Latif dan Usman Marham (Bersalam), berkomitmen untuk meningkatkan produksi pertanian dan pertambakan di Kabupaten Pinrang.

Latif mengatakan, untuk meningkatkan produksi pertanian beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu perbaikan infrastruktur bawah irigasi yang harus baik. Selain itu, penyediaan pupuk yang baik dan berkualitas, serta didukung dengan pemberiannya yang tepat waktu kepada para petani.

"Kami juga akan melakukan perbaikan dan pembenahan terhadap mekanisasi pertanian, terutama mesin panen, dan obat-obatan pertanian. Dengan demikian, produksi yang tadinya hanya mencapai 6 hingga 7 ton per tahun, dapat meningkat menjadi 9 hingga 10 ton per tahun. Tentunya, jika produksi meningkat, akan berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Sementara, Usman Marham menjelaskan, kondisi pertambakan udang di Pinrang dikarenakan empang yang ada dijadikan sawah. Padahal, ungkap dia, justru sawah yang seharusnya dapat dijadikan empang.

"Jika kami terpilih itu akan kami tingkatkan kembali, memperbaiki irigasinya karena banyak yang rusak, tanaman sekitar tambah juga rusak, sehingga penangkalannya tidak kuat. Selain itu, kami juga akan berikan bibit yang bersertifikat sehingga produksi meningkat," tandasnya.

Sementara itu Ambo Sappe salah satu warga Kecamatan Suppa berharap pasangan Bersalam, yang memimpin Pinrang ke depannya, karena memiliki program yang jelas, apalagi soal irigasi.

"Kami petani di Suppa sangat mendukung program Bersalam, sebab petani di sini sangat sering kekurangan air. Apalagi kalau musim kemarau, kadang kita hanya bertani sekali setahun," ucapnya, Senin (11/6/2018).