Senin, 11 Juni 2018 23:29 WITA

Jelang Masa Tenang, KPU Ingatkan Lembaga Survei untuk Tak Rilis Hasil Survei

Editor: Aswad Syam
Jelang Masa Tenang, KPU Ingatkan Lembaga Survei untuk Tak Rilis Hasil Survei
Ketua KPU Sulsel, Misnah Attas

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, mengingatkan para lembaga survei untuk tidak mempublikasi temuan survei kandidat Pilkada Serentak 2018 pada saat minggu tenang.

Minggu tenang Pilkada Serentak 2018 sendiri berlangsung selama tiga hari, yakni  mulai 24-26 Juni mendatang.

"Hal itu dilarang, tidak boleh ada pengumuman lembaga survei pada saat masa tenang. Itu ada aturannya dalam PKPU Nomor 12 tahun 2015," tutur Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas, Senin (11/6/2018).

Menurut Misna, selain larangan publikasi hasil survei, paslon juga diminta menutup akun resmi sosial media sehari sebelum masa tenang. Hal tersebut diatur dalam PKPU nomor 12 tahun 2016 yang merupakan perubahan dari PKPU nomor 7 tahun 2015.

"KPU Sulsel telah mengingatkan kepada lembaga survei untuk tidak merilis hasil surveinya pada masa minggu tenang. Kita sudah sosialisasikan ke semua kandidat," pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini masih berlangsung tahapan kampanye yang dilangsungkan sejak 15 Februari sampai 23 Juni mendatang. Belakangan ini, beberapa lembaga survei marak memaparkan hasil temuan risetnya, baik untuk Pilgub Sulsel maupun Pilkada kabupaten/kota.