Senin, 18 Juni 2018 14:11 WITA

Survei IPI: Basmin-Syukur Bijak 57,5 Persen, Patahuddin-Emmy Tallesang 23,9 Persen

Penulis: Fathul Khair
Editor: Nur Hidayat Said
Survei IPI: Basmin-Syukur Bijak 57,5 Persen, Patahuddin-Emmy Tallesang 23,9 Persen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis hasil surveinya terkait tingkat elektabilitas dua pasang calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Luwu, Senin (18/6/2018).

Survei IPI ini dilakukan pada 3-12 Juni 2018. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 1.212. Sampel dipilih menggunakan multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan pertanyaan terbuka (top of mind) "Seandainya Pilkada Bupati di Kabupaten Luwu dilaksanakan hari ini, siapa calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Luwu yang akan bapak/ibu/saudara pilih?"

Hasilnya, elektabilitas paslon Basmin Mattayang-Syukur Bijak meraih angka 57,5 persen. Sementara Patahuddin-Emmy Tallesang mendapat 23,9 persen. Masih ada 18,6 persen responden yang tidak menjawab/tidak tahu.

"Kalau pertanyaan tertutup, Basmin-Syukur Bijak memiliki dukungan signifikan 63,2 persen. Diikuti Patahuddin-Emmy Tallesang mendapat 25,7 persen. Dan undecided voters 11,1 persen," kata Direktur Riset IPI, Jumardi.

IPI juga mengungkap strong vooters pemilih terhadap calon. 50,8 persen responden menyatakan tetap akan memilih Basmin-Syukur Bijak. Ada 8,5 persen responden yang menyatakan ada kemungkinan berubah, dan 3,9 persen responden menyatakan tidak tahu.

Untuk Patahuddin-Emmy Tallesang, 13,1 persen responden menyatakan tetap akan memilih Patahuddin-Emmy, 7,9 persen responden menyatakan ada kemungkinan berubah. Dan 4,7 persen pemilih Patahuddin-Emmy tidak menjawab/tidak tahu.

Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir mengungkapkan, sudah empat kali IPI melakukan survei di Luwu, dan dukungan Basmin-Syukur sangat konsisten.

"Survei Alril dia (Basmin-Patahuddin) berada di 56 persen. Dan Pata pada saat itu 19 persen. Jadi kalau dilihat perjalanan Mei ke Juni, survei Basmin-Syukur naik, walaupun Patahuddin-Emmy juga naik," kata Suwadi.

Suwadi menjelaskan, alasan Basmin meraih elektabilitas tertinggi, karena Basmin dianggap figur yang berpengalaman dan merakyat. Itu karakter yang diidentikkan sama beliau. Karena waktu menjadi bupati dulu, Pak Basmin cukup merakyat di mata publik," tuturnya.