Senin, 18 Juni 2018 20:53 WITA

KPU Barru Musnahkan Surat Suara Pilgub Rusak H-2 Pemungutan Suara

Editor: Nur Hidayat Said
KPU Barru Musnahkan Surat Suara Pilgub Rusak H-2 Pemungutan Suara

RAKYATKU.COM, BARRU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru berencana akan melakukan pemusnahan surat suara Pilgub Sulsel yang ditemukan dalam kondisi rusak.

"Rencananya, surat suara rusak yang jumlahnya mencapai 8.060 lembar itu akan dimusnahkan di Kantor KPU Barru pada 25 Juni mendatang," kata Syarifuddin H Ukkas, Ketua KPU Barru, Selasa (18/6/2018). Itu berarti waktu pemusnahannya dua hari (H-2) pemungutan suara.

Alasan KPU Barru memilih 25 Juni, kata Syarifuddin, karena sekarang ini belum cukup jumlah surat suara yang dibutuhkan. "Kami masih menunggu sampai selesai pengepakan dan kotak suara beserta isinya siap didistribusikan," ungkapnya.

Sementara untuk proses pemusnahannya, KPU Barru akan melibatkan sejumlah stakeholder terkait, yakni Panwas, Polisi, Pemda, dan tim sukses setiap paslon.

Sebelumnya, diberitakan KPU Barru menemukan ribuan lembar surat suara Pilgub Sulsel dalam kondisi rusak saat melakukan penyortiran surat suara.

Syarifuddin mengatakan, jenis kerusakan surat suara yang ditemukan antara lain, kertas robek dan tercoret.

Atas kerusakan itu, Syarifuddin mengaku telah melaporkan hal tersebut ke KPU Sulsel. Ia juga bermohon agar surat suara rusak bisa diganti dengan yang baru.

"Sementara untuk penggantinya, kami masih menunggu pendistribusiannya," ungkapnya.