Kamis, 21 Juni 2018 14:50 WITA

Wakilnya Kehabisan Waktu Bertanya, Andi Ugi Sempat Ngambek Saat Debat

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Aswad Syam
Wakilnya Kehabisan Waktu Bertanya, Andi Ugi Sempat Ngambek Saat Debat
Suasana Debat Publik Pilkada Bantaeng, Kamis (21/6/2018).

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Kegiatan debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng Tahun 2018 berjalan lancar di Balai Kartini Bantaeng, Kamis (21/6/2018).

Para paslon pun menyampaikan visi, misi bahkan janji kerjanya dalam debat publik yang mengangkat tema "Memotret Masa Depan Bantaeng", dipandu moderator Nana Djamal.

Pantauan Rakyatku.com, selama berlangsungnya debat, paslon nomor urut 3, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) percaya diri memaparkan visi misi serta menjawab pertanyaan selama debat, tanpa membaca catatan.

Berbeda dengan paslon paslon nomor urut 1, Muhammad Alwi-Nurdin Halim (Siana'ta) dan paslon nomor urut 2, Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba (Sumanga'Na). Keduanya sesekali melirik teks yang ada di depannya.

Meski begitu, selama berlangsungnya debat, paslon 1 dan 2 pun saling bertukar giliran berbicara dengan wakil masing-masing. Lain halnya dengan paslon nomor urut 3, Ilham Azikin lebih mendominasi berbicara selama berlangsungnya debat. Calon Wakilnya, Sahabuddin hanya berbicara di awal debat (pemaparan visi misi), sesi pertanyaan ke paslon lain, dan sesi statemen penutup. 

Saat sesi saling bertanya antar paslon, calon wakil bupati pasangan calon nomor dua, Andi Mappatoba yang diminta bertanya ke nomor urut tiga kehabisan waktu. Padahal, inti pertanyaannya belum disampaikan.

Untung, pasangan calon nomor urut tiga tetap paham dengan alur pertanyaan nomor urut dua. "Kami paham dengan alur pertanyaannya. Bagi kami, kehadiran pemerintahan itu harus berkelanjutan. Oleh karena itu, kami hadir untuk meneruskan semua yang telah baik yang ada di Bantaeng," jelas Ilham Azikin.

Insiden kehabisan waktu itu pun membuat pasangan Sumanga'na terganggu. Pada sesi jeda (off air), pasangan Andi Sugiarti MK-Andi Mappatoba (Sumanga'na) mengajukan protes.

Dia melayangkan protes ke penyelenggara. Bagi dia, kesalahan teknis itu merugikan dirinya. "Kondisi ini membuat kami error. Kami serasa tidak mood lagi,"  Andi Sugiarti Mangun Karim yang akrab disapa Andi Ugi ini.

Menanggapi hal itu, moderator debat, Nana Djamal pun mengakui jika ada kesalahan teknis. "Kami mohon maaf sebesar-besarnya. Kami tidak ada waktu yang kami tambahkan atau kurangi, itu karena kesalahan teknis di belakang," bebernya.

Hingga debat berakhir, suasana debat berjalan aman dan lancar. Dan puluhan gabungan Polres Bantaeng dan Kodim 1410 Bantaeng berjaga selama berjalannya debat.