Kamis, 21 Juni 2018 17:26 WITA

Pilkada Luwu

Survei CRC: BM-SBj 61,6 Persen, Pata-Emmy 26,9 Persen

Editor: Mulyadi Abdillah
Survei CRC: BM-SBj 61,6 Persen, Pata-Emmy 26,9 Persen
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lima hari jelang pencoblosan Pilkada Serentak 2018, Celebes Research Center (CRC) melansir hasil survei untuk Pilkada Luwu di Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani Makassar, Kamis (21/6/2018).

Hasil dari survei yang dilakukan oleh CRC dalam kurun waktu 7 hingga 14 Juni 2018 tersebut menunjukkan 61,6 persen pemilih memberi pilihan pada pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BM-SBj). Kompetitornya, duet Patahuddin-Emmy Tallesang hanya mendapat 26,9 persen dukungan suara. Adapun pemilih yang belum menentukan pilihannya sebesar 11,5 persen.

“Elektabilitas pasangan calon nomor urut 1 unggul dari pasangan calon nomor urut 2. Elektabilitas Basmin Mattayang-Syukur Bijak sebesar 61,6 persen, sedangkan Patahuddin-Emmy Tallesang 26,9 persen. Masih ada sebesar 11,5 persen pemilih yang belum memberi jawaban saat ditanya siapa yang akan dipilih jika pilkada dilakukan hari ini,” beber Manager Riset CRC, Andi Wahyudin Abbas.

Andi Wahyudin mengungkapkan, jika survei yang dilakukan tersebut melibatkan jumlah sampel sebanyak 800 responden. Dengan metode penarikan sampel multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan dugaan +/- 3.5% pada selang kepercayaan 95%. Sampel berasal dari 22 Kecamatan di Kabupaten Luwu yang terdistribusi secara proporsional.

“Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung (face to face) menggunakan kuesioner. Kita juga melakukan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check),” jelasnya.

Menurut Andi Wahyudin, dari temuan survei juga didapati persentase dukungan kuat dan dukungan lemah pada masing-masing paslon. Dari 61,6 persen pemilih Basmin Mattayang-Syukur Bijak, sebesar 53,9 persen menyatakan tidak akan mengubah dukungannya. Sisanya, ada 7,7 persen yang masih memungkinkan akan berubah haluan dukungan.

Sedangkan paslon Patahuddin-Emmy Tallesang yang mendapatkan total dukungan 26,9 persen, ada sebanyak 20,6 persen tetap akan memilih pasangan tersebut. Namun, 6,3 persen masih memungkinkan “angkat kaki” dari mereka.

“Strong voters Basmin Mattayang-Syukur Bijak cukup besar. Melebihi dari separuh pemilih. Ini bisa dibaca sebagai potensi besar memenangkan pilkada jika tak ada kerja-kerja berarti dari kompetitornya dalam memengaruhi dukungan pemilih,” ujarnya.

Dari sisi basis demografi dukungan, menurut Andi Wahyudin, Basmin Mattayang-Syukur Bijak merajai setiap sisinya. Baik dari demografi dukungan berbasis gender, usia, agama, suku/etnis, pendidikan, pendapatan hingga profesi pemilih.

“Paslon nomor urut 1 unggul di semua dapil. Basis dukungan pemilih partai juga lebih besar kepada pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak kendati partai tersebut adalah partai pengusung pasangan calon Patahuddin-Emmy Tallesang. Konstituen Golkar, PAN dan Gerindra mayoritas memberikan pilihan pada Basmin Mattayang-Syukur Bijak,” pungkas Andi Wahyudin.