Jumat, 22 Juni 2018 14:12 WITA

Satu-satunya Cabup Bergelar Doktor, Ilham Azikin Paling Kuasai Materi saat Debat

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
Satu-satunya Cabup Bergelar Doktor, Ilham Azikin Paling Kuasai Materi saat Debat
Dr Abdi

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Tahapan debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantaeng Tahun 2018 telah berlalu. Bagaimana penampilan pasangan cabup-cawabup saat debat kandidat?

Pengamat politik dan pemerintahan, Dr Abdi mengatakan, bahwa secara penampilan, ketiga kandidat calon bupati memiliki penampilan yang baik. Namun dari segi performa, hanya pasangan Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) yang terlihat paling baik di debat itu.

Menurutnya, Ilham Azikin dan Sahabuddin terlihat sangat tenang saat berdebat. Mulai dari pemaparan visi dan misi, calon bupati bergelar doktor pemerintahan ini bahkan menyampaikan visi dan misinya dengan tenang dan tanpa membaca teks.

"Sangat kelihatan sekali, pasangan ini menguasai visi dan misinya dengan baik," ujar Abdi, Jumat (22/6/2018).

Pasangan IlhamSAH juga memiliki manajemen waktu yang sangat baik. Sehingga semua pemaparan dan pertanyaan disampaikan dengan tepat waktu. "Dari debat itu sangat terlihat bagaimana komitmen untuk mewujudkan visi dan misi itu," ungkapnya.

Dia juga menambahkan, dari debat itu sudah jelas bagaimana profil masing-masing kandidat. Dari profil, hanya Ilham Azikin yang bergelar doktor.

"Pembangunan di Bantaeng ini memang perlu dilakukan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, yang memimpin harus memiliki kemampuan yang mendekati seperti yang sudah ada saat ini," jelas dia.

Secara keseluruhan, Dr Abdi mengakui debat yang diselenggarakan oleh KPU cukup berkualitas. Menurutnya, dari debat itu pemilih di Bantaeng sudah bisa melihat bagaimana kemampuan masing-masing kandidat.

"Secara keseluruhan debat ini cukup berkualitas. KPU sebagai penyelenggara debat bisa mendapat apresiasi dari proses ini," paparnya.