Jumat, 22 Juni 2018 19:33 WITA

Antisipasi Kecurangan, IYL-Cakka Akan Datangi KPU Besok

Editor: Aswad Syam
Antisipasi Kecurangan, IYL-Cakka Akan Datangi KPU Besok
IYL-Cakka saat berada di miniatur Rumah Produktif, saat kampanye terakhir di Lapangan Karebosi, Jumat (22/6/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), berencana mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (23/6/2018) besok.

Kedatangan paslon nomor urut empat ini, guna meminta KPU siaga dalam mengantisipasi berbagai kecurangan, yang berpotensi terjadi sebelum dan setelah hari pencoblosan, 27 Juni mendatang.

"Saya dengar informasi sudah ada cukong-cukong yang berdatangan dari luar Sulsel, untuk membantu paslon tertentu. Saya ingin ajukan besok ke KPU. Kalau ada yang berteriak "jekkong", ada yang mau curang, ada mau ubah-ubah C1 dan C2 (menurut) informasinya, maka saya dan Andi Mudzakkar sepakat untuk meminta kepada KPU, agar (hasil) rekap yang sudah ditandatangani oleh saksi-saksi di TPS agar ditempelkan plaster bening di atasnya," tegas IYL dalam kampanye akbar terakhirnya di Lapangan Karebosi Makassar, Jumat sore (22/6/2018).

Menurut mantan Bupati Gowa dua periode ini, plaster bening tersebut dapat meminimalisir potensi kecurangan yang dapat dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

"Plaster itu tidak akan mengganggu (C1 dan C2) dan tidak mengubah format. Akan tetapi, plaster itu bisa mengamankan sehingga tidak ada pihak yang bisa mengubah-ubah angkanya," jelasnya.

Oleh karena itu, IYL akan meminta KPU untuk melaksanakan anjurannya tersebut. Sebab menurutnya, kecurangan hanya akan mencederai demokrasi di Sulsel.

"Kami akan desak KPU hingga KPPS untuk membuat hal itu, sehingga tidak ada lagi yang bisa melakukan kecurangan ataupun tuduhan-tuduhan. Karena saya dengar, ada juga tinta-tinta yang bisa dipanaskan, sehingga bisa hilang angka-angka dan hurufnya (di kertas)," pungkasnya.