Senin, 25 Juni 2018 08:40 WITA

Gara-Gara Ulah KPPS, Panwaslu Sebut Appi-Cicu Terancam Diskualifikasi

Editor: Abu Asyraf
Gara-Gara Ulah KPPS, Panwaslu Sebut Appi-Cicu Terancam Diskualifikasi
Juru bicara Panwaslu Makassar, Maulana

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Dugaan keterlibatan sejumlah KPPS yang tidak netral dalam pilkada Makassar semakin terang.

Hal tersebut berdasarkan hasil temuan langsung Panwaslu Kota Makassar. Tujuh orang petugas KPPS di Kecamatan Panakkukang kepergok sedang mengikuti pertemuan dan sosialisasi salah satu kandidat di Warkop Terminal, Sabtu malam (23/6/2018).

"Tujuh petugas KPPS tersebut sedang melakukan pertemuan sekaligus sosialisasi bersama tim Appi-Cicu, bahkan dihadiri langsung oleh Cicu," ungkap juru bicara Panwaslu Makassar, Maulana.

Panwaslu sudah mengamankan bukti-bukti yang mereka dapatkan di TKP. Maulana menambahkan, salah seorang petugas KPPS tampil sebagai moderator dalam acara tersebut.

Mengacu kepada bukti dan dokumentasi yang dikumpulkan di TKP, menurut Maulana, perbuatan KPPS tersebut adalah pelanggaran berat dan dapat berakibat diskualifikasi terhadap pasangan Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

Untuk itu, kesimpulannya akan disampaikan setelah pengambilan keterangan dari tujuh orang petugas KPPS tersebut, berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan di TKP.

"Sanksinya jika ini sistematis, maka akan berujung kepada diskualifikasi paslon, yang pastinya besok akan kita lakukan pemeriksaan secara detail," kunci Maulana.