Senin, 25 Juni 2018 12:58 WITA

Satu Truk Pengangkut Surat Suara Pilgub Sulsel Nyaris Lolos Tanpa Dikawal Polisi

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Mulyadi Abdillah
Satu Truk Pengangkut Surat Suara Pilgub Sulsel Nyaris Lolos Tanpa Dikawal Polisi
Logistik Pilgub Sulsel di Kabupaten Barru mulai didistribusikan, pada Senin (25/6/2018).

RAKYATKU.COM, BARRU - Proses distribusi logistik surat suara di Kabupaten Barru diwarnai insiden kecil. Truk yang sudah bermuatan logistik untuk wilayah Kecamatan Tanete Rilau tiba-tiba 'nyelonong' tanpa dikomandoi, Senin (25/6/2018).

Ceritanya begini. Sedianya satu persatu truk per kecamatan dilepas secara resmi oleh Kapolres Barru, AKBP Burhaman di Kantor KPU Barru. Namun, salah satu truk tersebut berangkat dari lokasi KPU tanpa melalui proses pelepasan dan tanpa pengawalan pihak kepolisian.

Setelah dihubungi, truk yang sudah tiga perempat perjalanan itu, akhirnya kembali ke lokasi kantor KPU Barru. 
Pantauan di lokasi, Kapolsek Tanete Rilau, Iptu Hamid Azikin langsung menegur sopir truk dan PPK Kecamatan Tanete Rilau. Selang beberapa menit kemudian, truk tersebut kembali dilepas secara resmi.

Menurut Ketua Panwas Barru, Nur Alim, tindakan sopir truk itu dinilai sangat berbahaya dan sebuah kelalaian dari pihak kepolisian yang memiliki tanggung jawab pengawalan. 

"Persoalan distribusi logistik itu sensitif dan sangat berbahaya tanpa pengawalan seperti itu. Sebab bisa saja logistik itu tercecer," ujarnya Nur Alim sesaat lalu.

Sekadar diketahui, pada hari ini KPU Barru melakukan pendistribusian logistik surat suara untuk tujuh wilayah kecamatan di Kabupaten Barru. Logistik tersebut diangkut oleh sejumlah truk.

Proses pelepasannya sendiri dihadiri oleh jajaran unsur Forkopimda Barru dan Ketua Panwaslu Barru, Nur Alim.