Senin, 25 Juni 2018 13:04 WITA

Lawan Kecurangan dan Politik Uang, Ini Maklumat Tim Hukum IYL-Cakka

Editor: Mulyadi Abdillah
Lawan Kecurangan dan Politik Uang, Ini Maklumat Tim Hukum IYL-Cakka
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dua hari jelang pencoblosan Pilgub Sulsel, indikasi kecurangan makin tercium. Termasuk dugaan politik uang yang kabarnya dibiayai “cukong”.

Mengantisipasi massifnya pelanggaran, Tim Hukum Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) merasa berkewajiban memberikan imbauan kepada rakyat Sulsel untuk bersama melakukan pencegahan demi kualitas demokrasi.

Berikut isi maklumat/imbauan tim hukum IYL-Cakka:

Dalam rangka Mendukung dan mengupayakan sekeras-kerasnya agar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 dapat berlangsung secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Maka diharapkan kepada seluruh masyarakat luas di Sulawesi Selatan, para penyelenggara pemilihan, seluruh pasangan calon serta seluruh jajaran Tim Pemenangan pasangan calon nomor urut 4 IYL-Cakka dari tingkat Provinsi sampai ke tingkat TPS masing-masing, agar :
 
1. Mewaspadai segala perbuatan yang dilakukan oleh pihak manapun juga yang dapat mencederai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Pemilihan yang berlangsung pada tanggal 27 Juni 2018 tersebut.
 
2. Mewaspadai adanya pemberian uang, barang dan/ataupun janji yang dilakukan oleh orang-orang tertentu dengan tujuan untuk mempengaruhi agar pemilih akan memilih atau tidak memilih paslon tertentu.
 
3. Sekiranya mengetahui atau mengalami adanya perbuatan yang dimaksud pada angka 1 dan 2 di atas, agar segera membawa dan melaporkan pelakunya kepada Bawaslu, Panwas atau instansi Kepolisian terdekat.
 
4. Mengingatkan pula bahwa setiap perbuatan yang membiarkan, membantu ataupun memudahkan pelaku money politics tergolong sebagai perbuatan pidana turut serta (medeplegtigheid) yang diancam dengan sanksi pidana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
 
Demikian maklumat ini.-
 
Ketua Tim Hukum Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar

Yasser S Wahab, SH, MH.