Senin, 25 Juni 2018 20:49 WITA

KPU Barru Musnahkan Ribuan Lembar Surat Suara Rusak

Editor: Aswad Syam
KPU Barru Musnahkan Ribuan Lembar Surat Suara Rusak
Pemusnahan surat suara rusak di Barru

RAKYATKU.COM, BARRU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru memusnahkan ribuan lembar surat suara rusak di halaman kantor KPU Barru, Senin (25/6/2018).

Pemusnahan ini turut disaksikan Kapolres Barru, AKBP Burhaman dan Ketua Panwaslu Barru Muhammad Nur Alim.

Sekretaris KPU Barru, Agus Salim menyatakan, ada 8.921 lembar surat suara rusak yang dimusnahkan. "Pemusnahan itu telah dikoordinasikan dengan KPU Sulsel," kata Agus.

Sebelumnya, surat suara rusak ini didapatkan saat penyortiran surat suara pilgub Sulsel di Kantor KPU Barru.

Surat Suara Pilgub Telah Didistribuskan

Sementara itu, ribuan lembar surat suara untuk wilayah Kabupaten Barru, telah didistribusikan, pada senin (25/6/2018) pagi.

Pendistribusian tersebut dilakukan secara resmi di halaman kantor KPU Barru, dengan dihadiri Pemkab Barru, TNI, Polri, Kejaksaan, dan Panwaslu Kabupaten Barru.

Agus Salim mengatakan, sedikitnya 423 logistik yang didistribusikan KPU Barru.

"Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Barru," ujarnya.

Ia menyebutkan, logistik yang didisribusikan tersebut meliputi surat suara, tinta, formulir C1, C7, segel dan lain-lain.

"Logistik tersebut dikemas dalam kotak suara. Sementara yang di luar kotak suara, juga ada beberapa logistik, termasuk bilik suara," ujarnya.

Semua logistik itu, lanjut Agus, akan didistribusikan ke tujuh kecamatan dan 55 desa/kelurahan yang ada di Barru.

"Nanti setelah ini didistribusikan, PPS lah yang akan bertanggung jawab untuk penyaluran logistik ini di desa maupun kelurahan untuk sampai ke TPS di wilayah masing-masing," katanya.

Agus berharap, selama proses pendistribusian logistik hingga pelaksanaan Pilgub, dapat berjalan lancar dan tak ada masalah.

"Hari ini Alhamdulillah semua keperluan logistik Pilgub Sulsel sudah terpenuhi. Mudahan-mudahan semuanya bisa berjalan lancar, dan baik hingga pesta Demokrasi Pilgub 2018 usai," tuturnya.