Kamis, 28 Juni 2018 12:39 WITA

Klaim Menang, TP: Ini Kemenangan Masyarakat Parepare

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Mulyadi Abdillah
Klaim Menang, TP: Ini Kemenangan Masyarakat Parepare
Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) saat memaparkan hasil real count internal.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pasangan calon Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) mengklaim unggul di Pilkada Parepare berdasarkan hasil real count internal.

TP unggul 51,23 persen sedangkan pasangan Faisal A Sapada-Asriady Samad (FAS) sebesar 48,77 persen atau selisih 2,46 persen.

Data real count ini disebut berasal dari rekap formulir C1 300 TPS di Kota Parepare. Data C1 itu menunjukkan TP memperoleh 39.614 suara, sementara FAS 37.712 suara, atau selisih 1.902 suara. Itu dengan jumlah total suara sah 77.326.

Hasil real count ini tidak jauh beda dengan perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan lembaga riset, Celebes Research Center (CRC).

Hasil quick count CRC menunjukkan keunggulan TP dengan angka 51,27 persen dan FAS 48,72 persen. Data yang masuk sudah 100 persen, dengan tingkat partisipasi pemilih 85 persen.

Taufan Pawe mengatakan, hasil real count dan quick count identik menunjukkan bahwa data itu akurat dan valid. "Kalau yang lain itu klaim bisa saja, namun kami punya pegangan data yang kuat. Ini berdasarkan rekap CI plano dari 300 TPS di Parepare. Kami tinggal kawal di rekap tingkat kecamatan," kata Taufan.

Meski sudah unggul, Taufan meminta pendukungnya tidak euforia berlebihan. Tidak perlu pakai konvoi. Karena Taufan dan pendukungnya akan merayakan dengan menggelar zikir bersama Kamis (28/6/2018).

"Ini adalah kemenangan masyarakat Parepare. Allah SWT pasti menyayangi orang yang terzalimi. Kita orang baik dan dipilih oleh orang yang baik," imbuh Taufan di hadapan ratusan pendukungnya yang menyesaki posko induk.

"Ini hikmah orang teraniaya. Saya sudah lewati masa sulit, dan ternyata Allah punya rencana lain yakni hadirkan pemimpin yang baik," lanjut Taufan disambut gemuruh pendukungnya.

Ketua Tim Pemenangan TP, Kaharuddin Kadir mengatakan, Taufan-Pangerang tinggal menunggu rekap resmi KPU untuk memastikan kemenangan.

"Berdasarkan quick count dan real count, Taufan-Pangerang menang. Kami tinggal kawal perhitungan tingkat kecamatan karena bisa saja dicurangi. Untuk itu, kami minta pendukung jangan dulu konvoi, yang konvoi itu kapojiang ji (cari perhatian, red)," tandas Kaharuddin. 

Potensi Sengketa

Menjawab tentang potensi terjadinya sengketa Pilkada Parepare, Ketua Demokat Parepare, Rahmat Sjamsu Alam, menegaskan peluang ke arah itu nyaris tertutup.

"Untuk sengketa itu apabila selisih suara 2 persen, namun ini sudah lebih 2,1 persen, jadi nyaris tertutup peluang untuk disengketakan," kata Wakil Ketua DPRD Parepare ini.