Rabu, 27 Juni 2018 20:57 WITA

Hitung Cepat IPI: Basmin-Syukur Menang 60,12 Persen

Editor: Fathul Khair Akmal
Hitung Cepat IPI: Basmin-Syukur Menang 60,12 Persen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Indeks Politica Indonesia (IPI) telah menyelesaikan hitung cepat di Pilkada Kabupaten Luwu. Hasilnya, pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak menang telak atas rivalnya.

Dalam konferensi persnya di Hotel Swiss-belinn Makassar, Rabu (27/6/2018), Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir menyebutkan data hitung cepat yang masuk sudah mencapai 100% dengan posisi Basmin-Syukur mendulang suara sebanyak 60,12%.

"Sementara pasangan Patahuddin-Emmy Tallesang harus puas dengan perolehan suara 39,88%. Bisa dipastikan Pilkada Luwu dimenangkan oleh Basmin-Syukur," kata Suwadi.

Hasil hitung cepat ini tidak jauh berbeda dengan hasil survei terakhir IPI. Dalam riset IPI yang diekspose ke publik pada 18/6/2018 lalu, Basmin-Syukur unggul telak dengan elektabilitas 63,2%. Sementara pesaingnya, Patahuddin-Emmy Tallesang hanya mampu menggaet elektabilitas sebesar 25,7%. Sisanya 11,1% belum menentukan pilihan.

"Saya sangat yakin, akurasi hitung cepat IPI akan presisi dengan hasil perhitungan KPU nanti," imbuh Suwadi.

Hitung cepat adalah salah satu cara memprediksi hasil pemilu dengan menjadikan hasil perhitungan suara di sebagian TPS sebagai sampel untuk mewakili seluruh populasi TPS di lokasi di mana pemilu dilaksanakan.

Dalam hitung cepat Pilkada Luwu, IPI menggunakan 324 TPS (35%) sebagai sampel dari total 925 TPS yang tersebar secara proporsional di 22 kecamatan. Margin of error hitung cepat ini adalah +/- 1%.