Rabu, 27 Juni 2018 20:50 WITA

Hitung Cepat IPI: SIAP Oppo' di Pilkada Jeneponto

Editor: Fathul Khair Akmal
Hitung Cepat IPI: SIAP Oppo' di Pilkada Jeneponto
Direktur IPI, Suwadi Idris Amir.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Indeks Politica Indonesia (IPI) telah menyelesaikan hitung ril cepat (quick-realcount) Pilkada Jeneponto, Rabu (27/6/2018). Calon petahana, Iksan Iskandar Kr Ninra-H Paris Yasir (SIAP) kembali memenangkan Pilkada Jeneponto.

Dari 83 persen atau 528 TPS data yang telah masuk, pasangan SIAP telah mengunci kemenangan dengan perolehan 42,77% (73.139) suara. Sementara penantang terberatnya, Wakil Bupati Jeneponto, Mulyadi Mustamu Kr Tinggi yang maju berpasangan dengan Kasmin Makkamula Kr Gassing (BISA) harus puas diperingkat kedua dengan perolehan 30,65% (52.410) suara.

Adapun posisi ketiga ditempati pasangan Muh Syarif Kr Pata-Andi Thahal Fasni Kr Sutte (Syafaat) yang mengantongi 18,99% (32.470) suara. Posisi paling buncit ditempati pasangan calon independen, Baharuddin Baso Jaya Kr Nai-Isnad Ibrahim Kr Lontang (Barani Uranta) yang hanya menggaet 7,58% (12.967) suara.

"Di Pilkada Jeneponto Iksan Iskandar Kr Ninra kembali oppo' sebagai bupati terpilih untukku periode berikut," kata Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir dalam konferensi persnya di Hotel Swiss-belinn, Makassar.

Loading...

Quick-realcount sejatinya adalah perhitungan suara secara ril (seluruh TPS) yang dilakukan dengan bantuan sistem untuk mempercepat proses perhitungan. Dengan demikian, hasil perolehan suara pilkada bisa lebih cepat diketahui, tanpa harus menunggu rekapitulasi perhitungan suara di KPU.

Berbeda dengan quick count yang hanya menghitung suara pada sebagian TPS (sampel), quick-realcount mengambil seluruh populasi TPS sebagai data. Karena itu margin of error metode ini sangat kecil bahkan menghampiri 0 persen.

Loading...
Loading...