Jumat, 29 Juni 2018 12:22 WITA

12 Camat dan 31 Lurah di Makassar Terindikasi Terlibat Politik Praktis

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
12 Camat dan 31 Lurah di Makassar Terindikasi Terlibat Politik Praktis
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyatakan, jumlah lurah yang terindikasi tidak netral dan terlibat politik praktis dalam PemilihanKepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 kian bertambah.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini mengungkapkan, sebanyak 27 lurah yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar terindikasi terlibat politik praktis dalam Pilkada. Namun di hari pemungutan suara, Danny kembali menerima laporan sehingga jumlahnya bertambah jadi 31 lurah.

"Sebelum pemilihan ada 27 lurah. Kemarin ada empat nama lurah yang kembali dilaporkan masyarakat. Mereka tidak netral dalam perhelatan ini, bahkan secara terang-terangan menjadi tim sukses," kata Danny dalam acara Halalbihalal Tim Penggerak Penyelenggara Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Makassar, di DP Hall, Jalan Amirullah, Jumat (29/6/2018).

Sesuai aturan yang menyangkut netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), lanjut Danny, maka ASN yang terbukti tidak netral dalam Pilkada Serentak 2018, harus diproses dan mendapatkan sanksi.

Sanksi berupa Surat Peringatan (SP) 1, SP 2, hingga SP 3 tersebut juga telah ditandatangani. Namun sebelum diteruskan ke lurah bersangkutan, surat tersebut terlebih dahulu akan dibawa ke Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Loading...

"Setelah mendapat teguran, beberapa lurah yang sudah menunjukkan itikad baiknya untuk berubah. Tapi bagi sebagian lurah lainnya yang tidak mengindahkan teguran dan masih tetap tidak netral, maka akan kita berikan sanksi, paling berat dinonjobkan," tegasnya.

Selain 31 lurah, Danny Pomanto juga mengungkapkan ketidaknetralan 12 camat di Kota Makassar, selama penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018.

"Dari 15 camat yang kemarin diduga tidak netral, hanya tiga camat yang bisa membuktikan bahwa dugaan itu tidak benar. Sementara sisanya, 12 camat terindikasi," pungkasnya.
 

Loading...
Loading...