Selasa, 03 Juli 2018 20:08 WITA

Tidak Lagi Berharap Menang, Relawan Kolom Kosong Siap Perkarakan KPU Bone

Editor: Abu Asyraf
Tidak Lagi Berharap Menang, Relawan Kolom Kosong Siap Perkarakan KPU Bone
Andi Mappamadeng

RAKYATKU.COM,BONE - Tidak ada lagi peluang kolom kosong memenangkan Pilkada Bone 2018. Meski demikian, mereka tetap berencana memperkarakan KPU Bone jika dalam proses rekap ditemukan bukti kecurangan.

Penggerak kolom kosong Bone, Andi Mappamadeng mengatakan, pada dasarnya Pilkada Bone 2018 ini berjalan lancar. Namun, dia mengaku menemukan sejumlah kejanggalan. Salah satunya terkait banyaknya warga yang tidak datang mencoblos gara-gara tidak mendapatkan undangan.

Selain itu, tim relawan kolom kosong mensinyalir adanya dugaan penggelembungan suara terhadap pasangan Andi Fahsar M Padjalangi-Ambo Dalle (Tafaddal) jilid II. Sementara suara kolom kosong diduga dikurangi.

"Kita tunggu saja hasil pleno KPU yang rencananya akan dilaksanakan pada 6 Juli. Setelah itu kita akan cocokkan dengan data yang kita punya. Ketika ada perbedaan suara dari bukti kami, tentu kami tidak akan tinggal diam. Ketika data kami sesuai, maka kami bersyukur dan tidak perlu ada kekhawatiran nantinya," katanya.

Tidak Lagi Berharap Menang, Relawan Kolom Kosong Siap Perkarakan KPU Bone

Berdasarkan hasil real count KPU, kolom kosong hanya menang di dua kecamatan yakni Kecamatan Cina dan Tanete Riattang Barat. Sementara relawan kolom kosong mengklaim kemenangannya lebih dari dua kecamatan tersebut.

"Kami juga memiliki data yang real berdasarkan foto langsung lembar C1 yang dilakukan oleh tim relawan. Namun, kami belum bisa publikasikan sebelum pleno KPU. Meski data yang kita punya belum 100 persen, tetapi ketika ada beberapa TPS yang tidak sesuai dengan data kami, maka itu dapat dijadikan sebagai indikator dugaan adanya kecurangan," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Andi Mappamadeng sekaligus mengapresiasi para petugas keamanan, baik itu Polri dan TNI yang telah mengawal pilkada hingga berjalan aman dan lancar.