Jumat, 06 Juli 2018 01:43 WITA

Live Facebook, Oknum PPK Sangkarrang Dikeluarkan dari Rapat Pleno KPU Makassar

Editor: Nur Hidayat Said
Live Facebook, Oknum PPK Sangkarrang Dikeluarkan dari Rapat Pleno KPU Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Saksi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), Rahman Pina keberatan atas adanya oknum PPK yang melakukan live facebook jalannya rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan Pilwalkot Makassar, yang digelar di Hotel Maxone, Jalan Taman Makam Pahlawan, Jumat (6/7/2018).

"Saya ingin bertanya pimpinan, apakah komisioner (KPU) atau anggota PPK bisa live dari ruangan ini," kata Rahman Pina.

"Untuk live saya kira tidak ada yang bisa. Untuk proses pendokumentasian, nanti selesai (proses rekapitulasi)," jawab Komisioner KPU Makassar, Abdullah Mansur menjawab pertanyaan Rahman Pina itu.

Rahman Pina lalu menanyakan sanksi bila ada oknum penyelanggara yang melakukan live di facebook.

"Clear, jelas. Bahwa itu tidak boleh. Kalau misalnya itu tidak boleh, apa sanksi yang diberikan kepada penyelanggara jika itu dilanggar?," tambah Rahman Pina lagi.

"Kalau ada yang melakukan live, maka kami akan memberikan teguran, ya sanksinya kami suruh keluar," jawab Abdullah lagi.

Rahman Pina lalu menyebut salah satu anggota PPK yang melakukan live facebook tersebut.

"Videonya dan livenya ada di saya. Dan saya dikirimi oleh 50 orang pada saat bersamaan. Saya tidak persoalkan live tidaknya. Tapi ini aturan yang disampaikan komisioner. Olehnya itu saya meminta pertanggungjawaban ini," ujar Rahman Pina.

Komisioner KPU Makassar akhirnya bermusyawarah untuk memberikan sanksi kepada oknum PPK itu. Hasil musyawarah itu, oknum PPK yang melakukan live facebook dikeluarkan dari ruang rapat pleno.