Jumat, 06 Juli 2018 08:32 WITA

KPU Pangkep Batalkan Surat Suara yang Dicoblos Rokok, NH-Aziz Menang

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Abu Asyraf
KPU Pangkep Batalkan Surat Suara yang Dicoblos Rokok, NH-Aziz Menang
Rapat pleno rekapitulasi suara di KPU Pangkep.

RAKYATKU.COM - Rapat pleno rekapitulasi suara Pilgub Sulsel tingkat Kabupaten Pangkep menempatkan paslon nomor urut 1, NH-Azis sebagai paslon dengan torehan suara terbanyak.

Suara NH-Azis di Pangkep sebanyak 63.840 suara, disusul suara paslon nomor urut tiga dengan 61.331 suara, paslon nomor urut empat mendapat 24.270 suara, dan terakhir Paslon nomor urut dua dengan 10.017 suara. Total suara sah di Pangkep 159.458.

Namun, sayangnya angka partisipasi pemilih di Pangkep terbilang cukup rendah, tidak sampai 70 persen dari total penduduk yang memiliki hak pilih, yaitu 236.005 pemilih. Belum lagi ditambah pemilih tambahan yang menggunakan KTP atau surat keterangan lain yang diperbolehkan KPU.

KPU Pangkep Batalkan Surat Suara yang Dicoblos Rokok, NH-Aziz Menang

Sebagaimana disampaikan Ketua KPU Pangkep, Burhan, bahwa dalam Pilgub kali ini angka partisipasi pemilih hanya berkisar 68 persen saja. Belum lagi surat suara yang tidak sah yang jumlahnya mencapai 1080 surat suara. Anehnya, ada dari surat suara yang dinyatakan tidak sah tersebut dicoblos menggunakan rokok.

"Ada yang mencoblos di luar kotak, ada yang mencoblos menggunakan rokok sehingga kami batalkan, dan ada juga yang mencoblos lebih dari satu pasangan calon," ungkap Burhan kepada Rakyatku.com.