Jumat, 06 Juli 2018 14:48 WITA

Anggota Panwascam Diusir, Panwaslu Makassar Ungkap Keganjilan Saat Rekapitulasi

Penulis: Syukur
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Anggota Panwascam Diusir, Panwaslu Makassar Ungkap Keganjilan Saat Rekapitulasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Panwaslu Makassar mengutuk keras pengusiran dan dugaan pemukulan yang Kepala Sekretariat KPU Makassar, Sabri terhadap salah seorang Panwascam saat sidang pleno rekapitulisasi suara Pilwakot Makassar di Hotel Maxone, Jalan Taman Makam Pahlawan, Jumat (6/7/2018).

Kecaman keras tersebut seperti disampaikan oleh Humas Panwaslu Kota Makassar, Muhammad Maulana. "Kami juga merasa aneh, mengapa Kepala Sekretariat KPU Kota Makassar ini sangat reaksioner," ungkap Maulana.

Maulana mengatakan, ada beberapa keganjilan yang terjadi pada proses pelaksanaan rekapitulasi KPU. Diantaranya adalah terbatasnya akses Panwaslu Kota Makassar dan panwascam se-Kota Makassar.

"Apa yang ditakutkan dengan pengawasan yang kami lakukan. Ada apa dalam penyelenggaraan rekap ini," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Makassar, Nursari mengatakan dengan peristiwa tersebut pihaknya akan menempuh jalur hukum terhadap pada pihak manapun yang mencoba menghalang-halangi Panwas dalam proses pelaksanaan rekap.

"Kami tentu keberatan dan mengutuk tindakan tidak terpuji yang di lakukan oleh Kepala Sekretariat KPU Kota Makassar," tegas Nursari, dalam keterangan tertulis yang diterima.

Nursari menambahkan, Panwas dalam menjalankan tugas sesuai dengan kewenangannya telah melakukan pengawasan untuk memastikan tidak terjadinya kecurangan saat rekapitulisasi perhitungan perolehan suara Pilwalkot Makassar. 

"Karena kami ketat mengawasi, tiba-tiba Sekretaris KPU langsung marah dan coba menghalangi rekan Panwascam kami," tambahnya.