Sabtu, 07 Juli 2018 02:17 WITA

Suara Appi-Cicu Tak Capai 50 Persen, Komisioner KPU Makassar: Pemilihan Ulang

Editor: Mulyadi Abdillah
Suara Appi-Cicu Tak Capai 50 Persen, Komisioner KPU Makassar: Pemilihan Ulang
Foto: Fathul

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kolom kosong dinyatakan unggul dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan Pilwalkot Makassar, yang digelar di Hotel Maxone, Jumat malam (6/7/2018).

Hasil rekap KPU Makassar, pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) mendulang 264.245 suara atau 47 persen sedangkan perolehan kolom kosong sebanyak 300.795 suara atau 53 persen. 

"Karena PKPU nomor 13 tahun 2018 disebutkan, bahwa ketika paslon (tunggal) tidak mencapai perolehan suara lebih dari 50 persen, maka dilakukan pemilihan ulang. Kemudian KPU Makassar membuat surat penetapan pemilihan ulang kembali pada Pilkada berikutnya," kata Komisioner KPU Makassar, Abdullah Mansur.

Appi dan Cicu boleh kembali ikut menjadi peserta Pilwalkot pada tahun 2020 mendatang. Begitupun Mohammad Ramdhan Pomanto dan Indira Mulyasari (DIAmi) yang didiskualifikasi pada Pilkada 2018.

"Masih bisa (dengan pasangan sama di Pilwalkot Makassar 2018). Bisa dengan pasangan yang lain. Dan semua bisa ikut," pungkas Abdullah.

Meski begitu, penetapan perolehan suara oleh KPU Makassar ini masih belum final. KPU memberi waktu kepada pasangan calon yang protes untuk menempuh gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sesuai aturan, permohonan gugatan ke MK bisa diajukan dalam waktu 3 hari masa kerja pasca pleno KPU. Akankah Pilkada Makassar berlanjut ke MK? Kita tunggu hingga pekan depan.