Sabtu, 07 Juli 2018 08:42 WITA

Bawaslu Sulsel Agendakan Pemanggilan Wali Kota Makassar Siang Ini

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Bawaslu Sulsel Agendakan Pemanggilan Wali Kota Makassar Siang Ini
Komisioner Divisi Hukum, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan, mengagendakan pemanggilan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, Sabtu (7/7/2018) siang ini. Danny, sapaan akrab Moh. Ramdhan Pomanto, dijadwalkan akan melakukan klarifikasi pada pukul 14.00 Wita di Sekretariat Sentra Gakkumdu Bawaslu Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar.

Jadwal pemanggilan tersebut, tertuang dalam surat undangan klarifikasi yang dikeluarkan Bawaslu Sulsel pada  6 Juli 2018 kemarin. Pemanggilan Danny tersebut, berkaitan dengan pelimpahan laporan dari Bawaslu RI terkait dugaan pelanggaran, berupa keterlibatan dirinya dalam kontestasi Pilwalkot Makassar 2018.

Komisioner Divisi Hukum, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf membenarkan pemanggilan tersebut. Menurutnya, surat undangan klarifikasi tersebut telah dikirimkan ke pihak Danny.

"Betul, kami sudah melayangkan undangan pemanggilan. Besok siang (Sabtu, 7/7/2018) kita agendakan mendengarkan klarifikasi dari terlapor (Danny)," tuturnya saat dikonfirmasi Jumat malam (6/7/2018).

Menurut Azry, Danny dipanggil dalam kapasitasnya sebagai pejabat pemerintah, dalam hal ini sebagai Wali Kota Makassar.

"Dia dipanggil dalam kapasitasnya sebagai Wali Kota. Pemanggilan ini dilakukan setelah laporan yang masuk ke Bawaslu RI dilimpahkan kepada Bawaslu Sulsel," tutupnya.

Sekadar diketahui, Danny dilaporkan ke Bawaslu RI oleh salah satu partai politik pengusung pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), yaitu Partai Gerindra pada hari Kamis (5/7/2018) lalu.

Dalam laporan bernomor 0011 LP/RI/00.00/VII/2018 tersebut, Danny diduga turut memainkan peranan dalam pergerakan kolom kosong di Pilwalkot Makassar 2018. Adapun pasal yang diduga dilanggar oleh Danny adalah Pasal 188 UU Nomor 10 tahun 2016 Jo. Pasal 71 UU Nomor 10 tahun 2016.