Sabtu, 07 Juli 2018 09:45 WITA

Kelelahan Kawal Rekap Pilkada Makassar, Polisi Bertumbangan di Pinggir Jalan

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Kelelahan Kawal Rekap Pilkada Makassar, Polisi Bertumbangan di Pinggir Jalan
Polisi tidur beralaskan daun pisang saat mengawal rekap suara Pilkada Makassar, Jumat (6/7/2018).

RAKYATKU.COM - Ada pemandangan unik di sela-sela rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Makassar di Hotel Maxone, Jalan Taman Makam Pahlawan, Jumat (6/7/2018). Sejumlah polisi tampak tertidur di pinggir jalan menuju hotel.

Para polisi ini masih mengenakan seragam lengkap. Sebagian tampak hanya beralaskan daun pisang yang diambil di sekitar lokasi. Sebagian yang lain memanfaatkan ransel mereka untuk tidur.

Mereka kelelahan setelah bertugas 24 jam. Sehari sebelumnya, mereka sudah berjaga di tempat itu. 

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya gangguan dalam pesta pilkada dari awal sampai akhir, termasuk pleno," ungkap Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani.

Tak hanya aparat keamanan yang letih, staf Panwaslu Makassar juga kelelahan. Seorang di antaranya tampak tidur pulas di lantai, dekat pintu. Dia bertugas untuk memastikan tidak ada orang tak berkepentingan masuk ruangan. Namun, akhirnya terkulai juga.

"Kami berusaha untuk bekerja maksimal dalam memastikan mengawal suara rakyat. Terlihat, hingga tengah malam sampai dengan pagi hari. Panwaslu Kota Makassar tetap berjaga di depan pintu tempat penyelenggaraan rekapitulasi suara," ungkap Nursari, ketua Panwaslu Kota Makassar.

Nursari mengatakan, untuk memastikan logistik yang berada di dalam gedung pelaksanaan rekap di tingkat kota tetap aman, panwas koya dan panwascam memilih nginap di depan pintu dan menyegel pintu ruangan.

"Ini upaya kami untuk memastikan suara aman. Setelah ruangan kita segel, kami harus bisa memastikan tidak akan dibuka lagi," tambahnya.