Sabtu, 07 Juli 2018 15:19 WITA

Siapa Quick Count yang Paling Presisi dengan Hasil Rekap KPU Makassar? 

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Siapa Quick Count yang Paling Presisi dengan Hasil Rekap KPU Makassar? 
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pilgub Sulsel serta Pilwalkot Makassar di Hotel Maxone, Jalan Taman Makan Pahlawan, Kamis (6/7/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KPU Makassar telah memutuskan siapa yang unggul pada perolehan suara Pilwalkot Makassar 2018, kemarin (6/7/2018) malam.

Berdasarkan hasil rekapitulasinya, pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) mendapat 264.245 suara (46,77 persen). Sementara, yang tidak setuju atau yang memilih kolom kosong lebih banyak mendulang suara, yakni 300.795 atau 53,23 persen.

Bagiamana dengan perbandingan hasil quick count lembaga survei pada saat pencoblosan 27 Juni lalu?

Dalam catatan Rakyatku.com, ada dua lembaga survei yang sempat mempublikasikan hasil hitung cepatnya. Yakni Celebes Research Center (CRC) dan INDex Indonesia. 

Berdasarkan data hitung cepat kedua lembaga survei tersebut, data CRC lebih presisi ketimbang data dari INDex Indonesia.

Temuan CRC, pasangan Appi-Cicu meraup persentase 46,51 persen dan kolom kosong meraih 53,49 persen. Sementara INDex, mendapatkan angka 46,21 persen untuk pasangan Appi-Cicu, dan kolom kosong meraih 53,79 persen.

Jika dihitung, quick count CRC lebih presisi dengan selisih 0,26 persen. Sementara quick count INDex selisih 0,56 persen dengan hasil rekapitulasi KPU Makassar.

Siapa Quick Count yang Paling Presisi dengan Hasil Rekap KPU Makassar? 

Namun, berdasarkan metodologi kedua lembaga survei tersebut, tidak ada yang meleset. Pasalnya, keduanya sama-sama menaruh margin of error (toleransi kesalahan) kurang dari 1 persen.

Cuma bedanya, CRC mengambil 200 sampel, sementara INDex mengambil 150 sampel yang tersebar secara proporsional di 15 kecamatan. 

Direktur CRC, Herman Heizer yang diminta tanggapan hanya menyampaikan terima kasihnya. "Saya bersyukur quick count CRC mirip dengan rekap KPU," singkatnya, saat dikonfirmasi via aplikasi pesan singkat pada Sabtu (7/7/2018).