Minggu, 08 Juli 2018 20:47 WITA

Molor 6 Jam, Pleno KPU Sulsel Akhirnya Dimulai

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Molor 6 Jam, Pleno KPU Sulsel Akhirnya Dimulai

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel terkait rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 resmi dimulai, Minggu (8/7/2018) malam.

Setelah sempat molor selama kurang lebih 6 jam, rapat pleno ini akhirnya dimulai pada pukul 20.15 Wita. Rapat pleno dibuka oleh Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas.

Turut hadir seluruh komisioner KPU Sulsel, komisioner KPU dari 24 kabupaten/kota se Sulsel, komisioner Bawaslu Sulsel, Panwas dari 24 kabupaten/kota, serta para saksi dari empat pasangan calon kontestan Pilgub Sulsel 2018.

Berdasarkan pantauan Rakyatku.com, agenda pertama rapat pleno KPU Sulsel ini adalah pembacaan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Sulsel dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. 

Masing-masing ketua KPU kabupaten/kota dipersilahkan naik ke podium untuk membacakan hasil rekapitulasi penghitungan suara di daerahnya masing-masing.

Molor 6 Jam, Pleno KPU Sulsel Akhirnya Dimulai

Selain hasil penghitungan suara, sejumlah item lain juga turut dibacakan oleh setiap KPU kabupaten/kota. Diantaranya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah suara sah, jumlah suara tidak sah, serta jumlah total suara secara keseluruhan.

Sesi pembacaan hasil rekapitulasi per kabupaten/kota ini sendiri dipimpin oleh Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati. Sebelum pembacaan, terlebih dahulu dilakukan pembukaan kotak suara yang disaksikan oleh komisioner KPU, pihak Bawaslu, serta para saksi kontestan Pilgub Sulsel 2018.