Senin, 09 Juli 2018 08:15 WITA

KPU Persilakan Kontestan Pilgub Sulsel Layangkan Gugatan ke MK 

Editor: Abu Asyraf
KPU Persilakan Kontestan Pilgub Sulsel Layangkan Gugatan ke MK 
Ketua KPU Sulsel Misna H Attas

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Sulsel 2018, Senin dini hari (9/7/2018). Rapat pleno terbuka yang dihelat di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani Makassar tersebut berakhir sekitar pukul 04.00 Wita.

Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas mempersilakan kepada empat kontestan Pilgub Sulsel 2018 untuk melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika mereka menemukan pelanggaran-pelanggaran dalam proses perjalanan Pilgub Sulsel 2018. Adapun waktu bagi paslon untuk melakukan gugatan ke MK tersebut, yaitu selama tiga hari kerja atau antara tanggal 9-11 Juli mendatang.

"Sesuai aturan, kami menunggu tiga hari kerja setelah kami melakukan penetapan rekapitulasi apakah ada gugatan ataupun sanggahan yang masuk dari paslon yang keberatan ke MK," kata Misna kepada Rakyatku.com usai menutup rapat pleno tersebut.

Namun, menurut Misna, jika sampai batas waktu yang telah ditentukan namun tidak ada gugatan ke MK yang masuk, maka KPU Sulsel secepat mungkin akan menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon yang terpilih di Pilgub Sulsel 2018.

"Jika tidak ada laporan, kami akan menetapkan calon yang terpilih paling lambat empat hari ke depan. Jadi sekitar hari Kamis (12/7/2018) kita akan adakan rapat pleno terbuka kembali untuk menetapkan pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulsel terpilih," tutup mantan ketua KPU Makassar ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rekapitulasi perhitungan suara Pilgub Sulsel 2018, pasangan nomor urut tiga, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) mendapat suara terbanyak, yakni 1.867.303 atau selisih 704.552 suara dari peringkat kedua pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) dengan 1.162.751 suara.

Sementara pasangan calon nomor urut empat, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) berada di urutan ketiga dengan perolehan suara mencapai 807.330 suara. Adapun pasangan calon nomor urut dua, Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) menempati urutan paling buncit dengan hanya memperoleh dukungan 419.055 suara.