Selasa, 10 Juli 2018 22:54 WITA

Soal Gugatan Appi-Cicu ke MK, Begini Tanggapan Panwaslu Makassar

Penulis: Rizal
Editor: Fathul Khair Akmal
Soal Gugatan Appi-Cicu ke MK, Begini Tanggapan Panwaslu Makassar
Humas Panwaslu Makassar, Muhammad Maulana

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tim Hukum pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) secara resmi mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Permohonan gugatan tersebut tercatat di situs resmi MK pada pukul 16.31 WIB, Selasa (10/9/2018).

Sebagai salah satu pihak terkait, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar menanggapi santai ajuan gugatan pasangan Appi-Cicu tersebut.

"Itu hak konstitusional tiap orang tentunya dan koridornya sudah diatur dengan jelas dalam peraturan Mahkamah Konstitusi. Selanjuttnya, majelis hakim Mahkamah Konstitusi yang menilai. Kalau dalam proses, misalnya gugatan itu dianggap memenuhi syarat formil dan syarat materilnya, tentu dalam pemeriksaan pokok perkara nanti kami akan di tarik sebagai pemberi keterangan," kata Humas Panwaslu Makassar, Muhammad Maulana kepada Rakyatku.com, Selasa malam (10/7/2018).

Disinggung mengenai kesiapan Panwaslu Makassar sendiri jika nantinya dibutuhkan untuk memberikan keterangan-keterangan di persidangan MK, Maulana mengaku pihaknya tentu siap dan akan mempersiapkan data-data tentang hal tersebut.

"Tentu. Kami siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab kelembagaan," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Tim Hukum Appi-Cicu hingga kini masih merahasiakan pokok perkara yang diajukan ke MK. 

"Nanti disampaikan (materinya) dalam persidangan. Masih kita keep sampai saat ini. Tunggu saja tanggal mainnya," singkat salah satu Tim Hukum Appi-Cicu, Habibi.