Selasa, 24 Juli 2018 12:07 WITA

27 Juli, MK Sidang Pendahuluan Gugatan Pilkada Parepare

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Mulyadi Abdillah
27 Juli, MK Sidang Pendahuluan Gugatan Pilkada Parepare
Pasangan Faisal Andi Sapada-Asriady Samad (FAS).

RAKYATKU. COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menjadwalkan sidang sengketa Pilkada Parepare yang diajukan pasangan Faisal Andi Sapada-Asriady Samad (FAS). Sidang diawali dengan agenda pemeriksaan pendahuluan yang dijadwalkan pada 27 Juli.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi dari MK, bahwa sidang gugatan FAS digelar 27 Juli 2018," kata Tim Hukum FAS, Nurdiansyah saat dihubungi awak media.

Dari laman resmi MK, sidang dengan register perkara 2/PHP.KOT/XVI/2018 itu dimulai pada pukul 08.30 WIB. Agendanya pemeriksaan pendahulan, yang ditangani tim panel 1. 

Dalam pemeriksaan pendahuluan akan didengarkan penjelasan permohonan pemohon, perbaikan permohonan jika dianggap perlu, serta pengesahan alat bukti.

Penjadwalan sidang gugatan FAS menyusul terbitkan Akta Registrasi Perkara Konstitusi nomor 2/3/PAN.MK/2018. Akta gugatan FAS tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK), dan ditandatangani panitera Kasianur Sidauruk.

Ketua Tim Pemenangan FAS Yasser Latief (YL) menyebutkan, jadwal sidang dari MK sekaligus menepis hoax yang beredar mengenai ditolaknya gugatan FAS. Sejumlah oknum tidak bertanggungjawab juga intens menyebar info sesat mengenai perkembangan gugatan FAS di MK.

"Perjuangan belum usai. Kita terus bekerja, dan progres di MK mungkin membuat oknum-oknum tertentu gelisah sehingga mencoba mengaburkan fakta," tegas Yasser. 

Setelah pemeriksaan pendahuluan, berturut-turut diagendakan pemeriksaan persidangan, Rapat Pendapat Hakim (RPH), sidang pleno putusan dismissal, pemeriksaan persidangan, RPH, hingga pengucapan putusan.