Rabu, 25 Juli 2018 18:35 WITA

Abaikan Rekomendasi Panwaslu, DKPP Pecat 5 Komisioner KPU Palopo

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Abaikan Rekomendasi Panwaslu, DKPP Pecat 5 Komisioner KPU Palopo
Komisioner KPU Palopo.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap terhadap 5 anggota KPU Kota Palopo. Putusan tersebut dibacakan dalam sidang pembacaan putusan sesi II di kantor DKPP RI di Jakarta, Rabu (25/7/2018) yang disiarkan langsung lewat FB resmi DKPP.

Sidang yang dipimpin oleh 3 orang Majelis Sidang tersebut mengeluarkan putusan bernomor 103/DKPP-PKE-VII/2018 dan dibacakan langsung oleh Ketua DKPP RI, Harjono.

"Memutuskan, satu mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya pemohon, kedua memberikan sanski pemberhentian tetap kepada teradu Haedar Djidar, Syamsu Alam, Faisal, Faisal Mustafa, dan Muhammad Amran, masing-masing anggota KPU Palopo," tegas Harjono dalam pembacaan.

"Tiga, memerintahkan KPU Provinsi Sulsel melaksanakan keputusan ini paling lambat 7 hari setelah dibacakan. Empat, memerintahkan Bawaslu Sulsel mengawasi pelaksanaan keputusan ini," lanjut Harjono. 

Menurut DKPP, Komisioner KPU Palopo dalam proses pelaksanan Pilwalkot Palopo pada beberapa waktu lalu, tidak cermat dan mengabaikan rekomendasi Panwaslu Palopo perihal rekomendasi agar pasangan Judas Amir-Rahmat Bandaso didiskualifikasi sebagai peserta.

Judas Amir dinilai, saat itu, telah melanggar UU No 10 Tahun 2016 Pasal 71 perihal penyalahgunaan wewenang jabatan. Judas merupakan incumbent pada perhelatan politik saat itu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari resmi dari pihak KPU Palopo terhadap putusan DKPP.