Sabtu, 28 Juli 2018 10:43 WITA

Sidang Pendahuluan, IlhamSAH Yakin Gugatan Sumanga'Na Ditolak MK 

Editor: Abu Asyraf
Sidang Pendahuluan, IlhamSAH Yakin Gugatan Sumanga'Na Ditolak MK 
Tim hukum IlhamSAH pada sidang pendahuluan di MK, Jumat (28/7/2018).

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Ketua tim hukum pasangan Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH), Suardi mengikuti sidang pendahuluan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (27/7/2018).

Suardi yakin permohonan pasangan nomor urut 2, Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba bakal ditolak MK. Alasannya, ambang batas perkara masih menjadi acuan utama dalam persidangan ini. 

"Kami optimis karena MK masih menetapkan ambang batas sebagai acuan utama untuk memutuskan dismissal ini," ujarnya, Sabtu (28/7/2018).

Dismissal adalah sidang pendahuluan, dimana hakim meneliti apakah perkara itu dapat dilanjutkan dan diuji dalam persidangan atau tidak.

"Dalam sidang dismissal ini, syarat-syarat perkara harus terpenuhi. Termasuk soal ambang batas itu," jelas dia.

Usai sidang pendahuluan, KPU dan pihak terkait diberikan menjawab gugatan pada 1 Agustus. Selanjutnya, putusan sidang dismissal dilakukan pada 9-15 Agustus.

Pada Pilkada Bantaeng, pasangan nomor urut 3, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) unggul dengan 48.549 suara. Disusul pasangan nomor urut 2, Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba (Sumanga'Na) dengan 40.027 suara, dan pasangan nomor urut 1, Muh Alwi-Nurdin Halim (Siana'ta) dengan 17.267 suara.