Sabtu, 28 Juli 2018 23:19 WITA

KPU Sulsel Persilahkan Komisioner KPU Palopo Lakukan Upaya Hukum

Editor: Adil Patawai Anar
KPU Sulsel Persilahkan Komisioner KPU Palopo Lakukan Upaya Hukum
Komisioner KPU Sulel, Uslimin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Adanya keinginan lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo untuk menempuh upaya hukum terkait keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI yang memberhentikan mereka ditanggapi oleh KPU Sulsel.

Komisioner Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi serta Hubungan Antar Lembaga KPU Sulsel, Uslimin mengaku upaya tersebut sah-sah saja. Oleh karena itu, pihaknya menyerahkan ke pihak KPU Palopo seperti apa langkah yang akan dilakukan.

"Kita persilahkan kepada mereka seperti apa langkah yang akan diambil. Mereka kan butuh kejelasan lebih detail, karena mereka merasa ada ketidakadilan disitu," tuturnya saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Sabtu (28/7/2018).

Namun, menurut Uslimin, KPU Sulsel tetap harus mengeksekusi putusan DKPP tersebut paling lambat 7 hari pasca dibacakan. 

"Kami di KPU Sulsel tentu akan menjalankan perintah, karena sebetulnya keputusan DKPP itu bersifat final dan mengikat. Karena keputusan DKPP sifatnya final dan mengikat maka kami terikat dengan itu. Jadi, paling lambat 7 hari sejak dibacakan keputusan itu harus dieksekusi oleh KPU Provinsi. Kalau belakangan ada perubahan lagi, yah kita akan menyesuaikan," tambahnya.

Kelima komisioner KPU Palopo sendiri, menurut Uslimin tentu punya hak untuk melakukan pembelaan-pembelaan.

"Tetap ada langkah-langkah yudisial yang mereka (Komisioner KPU Palopo) bisa lakukan. Itu yang akan mereka konsultasikan dengan penasehat hukumnya," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Sulsel akan mengeksekusi putusan DKPP RI terkait putusan tentang komisioner KPU Palopo paling lambat 1 Agustus mendatang. Saat ini, sejumlah komisioner KPU Sulsel sedang melakukan konsultasi dengan KPU RI di Jakarta sebelum menggelar rapat pleno terkait masalah tersebut.