Senin, 30 Juli 2018 12:01 WITA

Rabu, Sidang Lanjutan PHPU Pilkada Makassar di MK

Editor: Abu Asyraf
Rabu, Sidang Lanjutan PHPU Pilkada Makassar di MK
Habibi Kaharuddin (kanan). (FOTO: FACEBOOK)

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Sidang kasus Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilkada Makassar di Mahkamah Konstitusi (MK) kembali dilanjutkan Rabu (1/7/2018).

Kuasa hukum pemohon pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), Habibi Kaharuddin menjelaskan, pada sidang kedua ini, agendanya penyampaikan jawaban dari termohon, yakni KPU Makassar.

Sidang ini masih pendahuluan untuk menentukan apakah dianggap memenuhi syarat untuk dilanjutkan atau tidak. Sidang perdana berlangsung 26 Juli 2018.

Berdasarkan informasi di situs resmi Mahkamah Konstitusi, sidang akan dilangsungkan pada Rabu pukul 09.00 WIB. Selain menyidangkan ajuan dari Appi-Cicu, juga disidangkan ajuan dari pihak Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) dengan materi yang sama, yakni mendengarkan jawaban termohon.

Selain itu, juga dijadwalkan akan dimintai keterangan dari pihak terkait, seperti Panwaslu Kota Makassar atau Bawaslu Sulsel, serta pengesahan alat bukti.

Seperti diketahui, Appi-Cicu memohon kepada MK untuk menganulir hasil rekapitulasi suara Pilwalkot Makassar yang menetapkan kolom kosong sebagai peraih suara terbanyak dan menetapkan pihaknya sebagai pemenang.

Sementara itu, DIAmi bermohon agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk Pilwalkot Makassar 2018 dengan memasukkan pihaknya sebagai pasangan calon tunggal.