Selasa, 07 Agustus 2018 22:53 WITA

Rekaman Danny Diduga Salam Kotak Kosong Dijadikan Bukti di Sidang DKPP

Penulis: Rizal
Editor: Fathul Khair Akmal
Rekaman Danny Diduga Salam Kotak Kosong Dijadikan Bukti di Sidang DKPP

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rekaman video Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto yang diduga melakukan salam yang identik dengan kotak kosong dijadikan sebagai alat bukti pada sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kantor Bawaslu Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Selasa (7/8/2018).

Rekaman video yang berdurasi kurang lebih 3 menit tersebut, memperlihatkan Danny Pomanto menunjukkan jarinya berbentuk lingkaran yang diduga simbol dukungan kepada kolom kosong.

"Adegan video ini secara terang mengindikasikan bahwa Wali Kota melakukan salam dukungan kepada kotak kosong. Ini dilakukan pasca quick count," ungkap kuasa hukum pengadu dalam hal ini pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), Muhammad Rullyandi di depan majelis sidang.

Sidang yang berlangsung selama kurang lebih empat jam tersebut menghadirkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Makassar, sebagai teradu dan kuasa hukum Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) sebagai perwakilan pengadu.

Anggota Panwaslu Makassar dilaporkan oleh tim Appi-Cicu ke DKPP karena diduga tidak menindak lanjuti dugaan pelanggaran keterlibatan Wali Kota Makassar Danny Pomanto untuk memenangkan kolom kosong di Pilwalkot Makassar 2018.

Majelis Pemeriksa pada sidang tersebut dipimpin Prof Muhammad (DKPP), La Ode Arumahi (Bawaslu Sulsel), Prof Anwar Boharima (Gakkumdu) serta Upi Hastati (KPU Sulsel).