Kamis, 09 Agustus 2018 11:35 WITA

Sengketa Pilkada Sinjai: MK Gugurkan Gugatan Sabirin Yahya

Editor: Mulyadi Abdillah
Sengketa Pilkada Sinjai: MK Gugurkan Gugatan Sabirin Yahya
Sabirin Yahya-A Mahyanto Massarappi.

RAKYATKU.COM - Permohonan gugatan yang diajukan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sinjai, Sabirin Yahya-A Mahyanto Massarappi kandas di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Putusan ini dibacakan dalam sidang putusan sela, Kamis (9/8/2018). Dalam amar putusannya, permohonan calon incumbent ini dinyatakan gugur. 

Alasannya, pemohon tidak hadir tanpa terlebih dulu memberikan alasan yang sah dalam sidang pemeriksaan pendahuluan yang berlangsung pada 24 Juli 2018 lalu.

Kepaniteraan Mahkamah telah menghubungi pemohon melalui telepon pada 26 Juli dan memperoleh jawaban bahwa pemohon menyatakan tidak akan melanjutkan permohonannya. 

Dengan jawaban pemohon demikian, Mahkamah berpendapat pemohon tidak bersungguh-sungguh dengan permohonannya, sehingga permohonan harus dinyatakan gugur.

"Bahwa berdasarkan fakta sebagaimana diuraikan di atas maka berlaku ketentuan Pasal 30 ayat (1) PMK 5/2017 yang menyatakan, 'Dalam hal pemohon dan/atau kuasa hukumnya tidak hadir dalam Sidang Pemeriksaan Pendahuluan pada hari yang telah ditentukan tanpa alasan yang sah meskipun telah dipanggil secara sah dan patut Mahkamah menyatakan permohonan gugur," bunyi amar putusan yang diajukan Sabirin Yahya.

Sidang pembacaan putusan ini dipimpin oleh Anwar Usman dengan angota Aswanto, I Dewa Gede Palguna, Wahiduddin Adams, Arief Hidayat, Manahan MP Sitompul,  Maria Farida Indrati, Saldi Isra dan Suhartoyo.